Delivery Order: Pengertian, Fungsi, dan Perbedaannya dengan Surat Jalan

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini


Ketika anda melakukan penjualan maupun pembelian barang yang dilakukan secara online, pastinya pernah mendengar istilah delivery order. Delivery order adalah sebuah dokumen bukti perjanjian pemesanan antara penjual dan pembeli. Delivery order tentunya memiliki keterkaitan dengan layanan pembelian produk, baik berupa barang maupun jasa.

delivery order

Sebagai dokumen penting, terkadang delivery order seringkali masih dianggap sama dengan istilah surat jalan. Padahal antara kedua dokumen tersebut memiliki perbedaan dalam penggunaanya.

Lalu, apa yang dimaksud dengan dengan delivery order, baik pengertian, fungsi, dan perbedaannya dengan surat jalan? Berikut kami rangkum penjelasan mengenai delivery order untuk anda ketahui.

Baca juga: 8 Dokumen Pengiriman Barang yang Wajib Diketahui

Pengertian Delivery Order

Apa itu delivery order? Delivery order adalah sebuah dokumen perintah kirim barang yang diberikan penjual atau si pengirim kepada pihak jasa ekspedisi, untuk memudahkan proses pick up agar barang bisa dikirimkan ke alamat pembeli. Fokus pada delivery order ini sebagai layanan pelanggan, untuk menjamin bahwa layanan digunakan sesuai fungsinya.

Dokumen delivery order umumnya diberikan penjual dan ditujukan kepada staff gudang atau petugas lapangan yang mengantarkan barang. Petugas yang telah berada di lokasi penerima barang, nantinya akan mengecek kesamaan barang yang diterima dengan daftar yang ada di delivery order. Jika barang yang sampai tidak sesuai, maka penerima barang dapat mengajukan komplain.

Delivery order juga memiliki beberapa komponen di dalamnya, diantaranya yaitu kop surat (identitas pengirim), tujuan pengiriman barang, deskripsi barang, jenis dan jumlah barang, tanda tangan penerima, tanda tangan pembeli, serta tanda tangan dari petugas gudang.

Fungsi Delivery Order

Fungsi delivery order adalah sebagai bukti resmi antara penjual pembeli dan juga menjadi acuan kepada jasa ekspedisi ketika mengirimkan barang kepada penerima. Tidak hanya itu, delivery order juga memiliki fungsi lainnya dalam proses kirim barang.

Untuk mengenal lebih lanjut, berikut beberapa fungsi dari delivery order yang perlu kamu ketahui.

Informasi Bukti Pengiriman

Informasi data yang tercantum atau tertempel dalam delivery order ini berisi rincian mengenai identitas pengirim dan penerima, baik nama dan alamat dari keduanya, hingga informasi mengenai jumlah, jenis, kondisi, dan lainnya dari barang kiriman.

Dokumen delivery order ini juga menjadi sebuah informasi, bahwa Paket telah melalui proses kirim dan sebagai sebuah bukti yang penting ketika ke depannya terdapat konflik atau perselisihan.

Memudahkan Proses kirim Paket

Fungsi lain dari delivery order yakni menjadi acuan pihak ekspedisi dalam memastikan benar atau tidaknya barang telah sesuai dengan informasi yang tercantum di dokumen tersebut, serta memiliki kondisi yang baik.

Ketelitian pihak ekspedisi terhadap dokumen tersebut, sebagai sebuah kemudahan agar proses pengiriman berjalan dengan lancar tanpa adanya permasalahan.

Proses kirim yang Efektif dan Efisien

Adanya penggunaan dokumen ini membuat keefektifan dan efisien dalam proses pengiriman. Semua pihak yang terlibat pun ikut terbantu dengan adanya informasi dari delivery order, karena memiliki detail informasi yang sama terkait proses kirim barang.

Perbedaan Delivery Order dan Surat Jalan

Berbeda dengan delivery order, surat jalan adalah sebuah surat resmi dalam pengiriman barang, yang memiliki rincian informasi mengenai identitas penjual dan perima, baik nama dan alamat, serta informasi jenis barang.

Untuk lebih lanjut, berikut beberapa perbedaan antara delivery order dan surat jalan diantaranya yaitu:

  • Delivery order berfungsi sebagai dokumen bukti atau informasi yang tercantum atau ditempelkan pada barang yang akan dikirim, namun dokumen tersebut tidak perlu sampai ditunjukkan ke petugas di jalan. Sementara surat jalan yakni sebuah dokumen wajib yang wajib untuk dibawa oleh kurir, dan nantinya dapat ditunjukkan kepada petugas di jalan ketika terdapat pemeriksaan muatan di jalan.
  • Bentuk dokumen delivery order di setiap perusahaan berbeda satu sama lain. Sementara bentuk dokumen surat jalan hampir sama, yang terdiri dari tiga rangkap warna yang berbeda.
  • Fungsi delivery order yaitu sebagai acuan dalam membuat surat jalan. Sementara, surat jalan adalah sebagai bukti resmi pengiriman paket.

Itulah penjelasan mengenai delivery order, mulai dari pengertian, fungsi, hingga perbedaan antara delivery order dengan surat jalan yang perlu kamu ketahui. Baik delivery order dan surat jalan tentu memiliki kegunaannya masing-masing sesuai kebutuhan dalam proses pengiriman barang.

Baca juga: Inilah Contoh Surat Jalan Pengiriman Barang

Sebagai jasa ekspedisi spesialis pengiriman barang besar dan dalam jumlah banyak, Klik Logistics siap melayani pengantaran barang anda hingga ke alamat tujuan, ke seluruh wilayah. Langsung hubungi customer service kami yang fast respon untuk informasi pengiriman dan harga terbaik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top