Pengertian Dermaga, Jenis, dan Fungsinya

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini


Dermaga adalah sebuah tempat yang beroperasi di laut dan menjadi tempat kapal untuk berlabuh atau singgah. Dermaga tentunya juga memiliki beberapa jenis dan fungsi masing-masing yang perlu untuk anda ketahui.

apa itu dermaga

Tidak hanya itu, dermaga pastinya juga memiliki sejumlah perbedaan dengan pelabuhan dalam mendukung kebutuhan transportasi masyarakat dan kegiatan bongkar muat barang. Maka dari itu, berikut akan kami jelaskan apa itu dermaga baik pengertian dermaga beserta jenis dan fungsi dermaga. Serta perbedaan dari dermaga dan pelabuhan yang harus anda pahami!

Baca juga: Apa Itu Pelabuhan? Ini Pengertian, Jenis, dan Fungsinya!

Pengertian Dermaga

Dermaga adalah sebuah bangunan yang berada di pelabuhan yang berfungsi untuk berlabuh dan merapatkan kapal ketika ingin melaksanakan bongkar muat barang dan saat naik turunnya penumpang dari atas atau bawah kapal. Sehingga, dermaga berfungsi sebagai penghubung kapal dengan bagian darat.

Sebagai bagian dari pelabuhan, kapal yang sedang berlabuh di dermaga juga memiliki kegiatan lainnya. Adapun kegiatan lain kapal di dermaga seperti mengisi bahan bakar kapal untuk dapat berlayar, mengisi pasokan air minum dan air bersih untuk kebutuhan penumpang kapal ketika perjalanan. Tidak hanya itu, pembuangan limbah sampah pun juga dilakukan ketika kapal sedang singgah atau bersandar..

Bangunan dermaga terdiri dari balok di bagian atasnya. Tidak hanya itu, di permukaan bangunannya terdapat lantai dan tiang pancang. Rancangan bangunan tersebut dilakukan untuk menahan getaran pada bangunan, yang disebabkan oleh tumbukan kapal dan juga beban ketika aktivitas membongkar muatan barang.

Ukuran pada bangunan dermaga bisa dibedakan melalui jenis serta ukuran dari kapal yang berlabuh pada dermaga. Ukuran dermaga dapat dilihat dari ukuran minimalnya, sehingga nantinya kapal dapat meninggalkan dermaga dengan lancar dan aman.

Jenis Jenis Dermaga

Dermaga tentunya juga memiliki berbagai tipe dermaga, yang dapat dibedakan berdasarkan fungsi maupun kepentingannya. Lalu, apa saja jenis jenis dermaga? Berikut ini kami jelaskan beberapa jenis dermaga yang dapat anda ketahui.

Dermaga Barang Umum

Dermaga barang umum biasanya digunakan untuk kepentingan umum. Dermaga ini menjadi tempat pemindahan barang-barang umum, seperti general cargo ke atas kapal. Sehingga dengan adanya dermaga ini, prosesnya akan menjadi lebih cepat dan mudah.

Salah satu contoh dermaga umum yaitu dermaga yang ada di pelabuhan Gilimanuk yang menghubungkan transportasi laut antara Jawa dengan Bali. Dermaga di pelabuhan tersebut berfungsi untuk memindahkan muatan barang dan penumpang.

Dermaga Curah

Dermaga curah berperan dalam membongkar muat barang curah atau biasa disebut dengan barang pecah belah. Barang pecah belah tersebut biasanya akan dibawa menggunakan ban berjalan (conveyor belt).

Dermaga Kapal Ikan

Selanjutnya ada dermaga kapal ikan sebagai salah satu dermaga yang banyak dibangun. Dermaga ini umumnya digunakan sebagai tempat bersandar, singgah, serta untuk memindahkan ikan-ikan yang berasal dari kapal ikan. Sehingga, dermaga ini dibangun khusus untuk kegiatan perikanan.

Dermaga Marina

Selanjutnya dermaga marina yang berperan sebagai tempat berlabuh atau singgah, baik kapal pesiar maupun speed boat. Dermaga ini berperan untuk kepentingan penting dalam area laut.

Dermaga Peti Kemas

Dermaga peti kemas berperan dalam membongkar maupun memindahkan muatan peti kemas. Pembongkaran maupun pemindahan barang peti kemas ini umumnya dibantu dengan penggunaan bantuan crane.

Dermaga Khusus

Sementara pada dermaga khusus, berfungsi dalam bongkar muat barang-barang yang khusus. Adapun sejumlah barang yang termasuk ke dalam barang-barang khusus diantaranya, yaitu bahan bakar gas, bahan bakar minyak, dan lain sebagainya.

Fungsi Dermaga

Bangunan dermaga memiliki fungsi penting dalam perdagangan serta pariwisata di Indonesia. Bahkan, fungsi dermaga juga telah diatur pada Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Permenhub) No.51 Tahun 2015, dengan fungsi sebagai berikut:

  • Terminal tempat kapal berlabuh
  • Tempat membongkar muat barang
  • Tempat kapal bersandar menaik turunkan penumpang
  • Tempat perpindahan intra dan antarmoda transportasi
  • Menjaga kelancaran, keselamatan, serta ketertiban setiap aktivitas yang ada di dermaga atau pelabuhan.

Perbedaan Dermaga dan Pelabuhan

Kebanyakan orang tidak dapat membedakan antara dermaga dengan pelabuhan, yang sama-sama berfungsi dalam mendukung kebutuhan transportasi laut di masyarakat. Setelah anda mengetahui pengertian dermaga, maka anda juga harus mengetahui apa itu pelabuhan. Pelabuhan adalah bangunan yang lokasinya berada di ujung laut, sungai, maupun danau.

Pelabuhan umumnya berfungsi sebagai lokasi untuk menerima kapal, pemindahan kargo, maupun menaik turunkan penumpang. Biasanya pelabuhan menyediakan sejumlah fasilitas untuk kebutuhan transportasi, distribusi, dan lainnya untuk membantu aktivitas di pelabuhan.
Sementara dermaga adalah salah satu bagian dari pelabuhan, yang berfungsi sebagai tempat singgah dan bersandarnya kapal, baik yang masuk ataupun lewat di wilayah pelabuhan.

Baca juga: 8 Pelabuhan Terbesar Di Indonesia Yang Ramai Dengan Kegiatan Logistik

Nah, itulah penjelasan mengenai pengertian, jenis, fungsi dermaga, hingga perbedaannya dengan pelabuhan. Semoga artikel kami dapat membantu anda untuk bisa lebih mengenal dan memahami apa itu dermaga yang memiliki peran penting sebagai penghubung kapal dengan darat, untuk kemudahan kegiatan membongkar atau pemindahan barang, dan menaik turunkan penumpang.Kegiatan pengiriman barang oleh jasa ekspedisi melalui jalur laut dengan kapal pun tentunya bisa dilakukan, seperti Klik Logistics.

Jasa pengiriman barang di Klik Logistics dapat melayani pengiriman barang melalui jalur laut, dan mengirimkan barang anda ke seluruh wilayah Indonesia dengan aman. Klik Logistics telah berpengalaman dalam mengirimkan barang besar dan banyak, dengan fasilitas layanan pengiriman lainnya dengan tarif termurah. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS kami yang responsif, untuk informasi dan harga terbaik!

Scroll to Top