Freight Forwarding: Pengertian, Manfaat dan Perbedaannya dengan Logistik

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Apa itu freight forwarding? Freight forwarding adalah layanan jasa yang menyediakan pengiriman barang dari suatu tempat ke tempat lain dengan menggunakan transportasi darat, laut, atau udara. Freight forwarding atau jasa pengiriman barang merupakan salah satu layanan penting dalam dunia perdagangan internasional maupun domestik.

freight forwarding

Freight forwarding bertujuan untuk mempermudah proses pengiriman barang dengan memastikan barang sampai ke tujuan dengan cepat, aman, dan efisien. Selain itu, dengan adanya jasa freight forwarding akan membantu perusahaan jasa ekspedisi dalam mengirimkan barang mereka menuju wilayah tertentu.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan bisnis dan perdagangan internasional maupun nasional semakin meningkat sehingga freight forwarding menjadi semakin penting. Freight forwarding tidak hanya berperan dalam mengirimkan barang dari suatu tempat ke tempat lain, tetapi juga membantu mengurusi berbagai macam dokumen yang diperlukan dalam proses pengiriman barang. Jasa pengurusan dokumen adalah salah satu tugas utama yang dilakukan oleh forwarder untuk memastikan proses pengiriman barang berjalan lancar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Untuk mengenal lebih lanjut mengenai freight forwarding? Maka kami akan mengupasnya lebih dalam pada pembahasan pada bagian dibawah ini, jadi simak terus ya!

Baca juga: Inilah 7 Jenis Layanan Logistik Yang Perlu Anda Ketahui

Mengenal Apa Itu Freight Forwarder

Freight Forwarder adalah perusahaan yang menyediakan jasa freight forwarding. Perusahaan ini bertugas untuk membantu pengiriman barang dari awal hingga sampai ke tujuan ekspor. Forwarder membantu mengurus pemesanan ruangan pengangkut, armada pengiriman, pengiriman darat, laut, atau udara, perhitungan biaya angkutan, serta penerbitan dokumen angkutan.

Dalam proses pengiriman barang, perusahaan forwarder akan membantu dalam proses pengepakan barang sehingga barang dapat terjaga keamanannya selama dalam perjalanan. Forwarder juga akan menghitung biaya angkutan yang dibutuhkan untuk mengirimkan barang dari suatu tempat ke tempat lain sesuai dengan jarak dan jenis pengiriman yang digunakan.

Jika pengiriman menuju daerah yang masih berada dalam satu pulau, freight forwarding dapat membantu pengiriman barang dari satu kota ke kota lain dengan menggunakan transportasi darat seperti truk atau kereta api. Sedangkan untuk pengiriman barang internasional dan antar pulau, freight forwarding akan menggunakan transportasi laut atau udara.

Peraturan Menteri Perhubungan No. 29 Tahun 2019 mengatur tentang pelaksanaan kegiatan freight forwarding di Indonesia. Peraturan tersebut memastikan bahwa kegiatan freight forwarding dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku dan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah.

Manfaat Freight Forwarding

freight forwarding memiliki beberapa jenis kegiatan yang meliputi pengiriman barang berdasarkan lokasi pengiriman, tujuan ekspor, jenis pengiriman, dan lain sebagainya. Freight forwarding juga memiliki peran penting dalam menentukan jenis pengiriman yang digunakan seperti less container atau kontainer yang digunakan secara penuh. Dengan banyaknya jenis kegiatan Freight Forwarding pastinya akan menghasilkan manfaat yang sangat penting. Berikut Manfaat dari kegiatan freight forwarding.

1. Mempercepat Proses Pengiriman Barang

Manfaat pertama dari freight forwarding adalah mempercepat proses pengiriman barang. Dalam sebuah pengiriman barang, faktor kecepatan pengiriman menjadi selling point bagi pelayanan jasa pengiriman barang kepada para pelanggannya. Dengan adanya perusahaan freight forwarding membuat proses pengiriman barang menjadi jauh lebih cepat, karena mereka memiliki armada lengkap serta disesuaikan dengan spesifikasi barang dan jarak pengiriman barang. Dengan begitu maka barang yang dikirimkan akan lebih cepat sampai ke tujuan

2. Menghemat Pengeluaran Biaya

Meskipun terkadang terlihat mahal, penggunaan jasa freight forwarding bisa membantu menghemat biaya dalam jangka panjang. dan Freight forwarding dapat membantu dalam melakukan perhitungan biaya pengiriman barang, membantu dalam penerbitan dokumen pengiriman, serta memberikan saran untuk memilih jalur

3. Variasi Barang yang Dikirimkan lebih Lengkap

Dengan semakin berkembangnya bisnis online dan juga industri ekspor maupun impor. Membuat jenis barang yang dikirimkan setiap harinya semakin bervariasi mulai dari barang skala kecil maupun besar kini sering dikirimkan. Untuk mengakomodir hal tersebut penyedia jasa freight forwarding biasanya akan memiliki barisan armada yang lengkap, sehingga dapat menampung seluruh kebutuhan pengiriman barang dengan jenis apapun.

4. Memberikan Solusi Pengiriman Barang Terbaik

Jasa Freight forwarding dapat memberikan solusi terbaik dalam mengatasi berbagai kendala yang mungkin terjadi selama proses pengiriman. Mereka memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam bidang pengiriman barang dan dapat memberikan saran yang berguna untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin timbul.

Perbedaan Freight Forwarding dengan Jasa Logistik

Freight forwarding dan jasa logistik merupakan dua hal yang seringkali dianggap sama dalam konteks pengiriman barang. Namun dalam prakteknya, sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Berdasarkan Ruang Lingkup Kerja

Perbedaan mendasar antara freight forwarding dengan Jasa Logistik adalah Freight forwarding berfokus pada pengiriman barang dari suatu tempat ke tempat lain dan mencakup berbagai jenis transportasi, sementara jasa logistik lebih  mencakup seluruh rangkaian aktivitas yang terlibat dalam rantai pasokan, termasuk pengelolaan gudang dan inventarisasi barang.

Berdasarkan Layanan Jasa

Jasa logistik juga mencakup berbagai jenis jasa tambahan seperti pengurusan dokumen, pengepakan barang, dan manajemen risiko. Dalam hal ini, freight forwarding juga dapat dianggap sebagai bagian dari jasa logistik, namun tidak semua jasa logistik menyediakan freight forwarding. Dengan kata lain, sebuah jasa freight forwarding membutuhkan sebuah sistem logistik yang baik sedangkan jasa logistik belum tentu memiliki kemampuan freight forwarding.

Berdasarkan Perizinan Operasional

Perbedaan selanjutnya antara freight forwarding dan jasa logistik terletak pada jenis perizinan nya. Jasa logistik hanya membutuhkan izin operasional pengiriman barang saja. Sedangkan freight forwarding banyak sekali membutuhkan perizinan, mulai dari izin operasional, izin usaha EMKL hingga izin usaha Empu.

freight forwarding menjadi salah satu layanan penting dalam dunia perdagangan baik domestik maupun internasional. Peran forwarder sebagai penyedia jasa freight forwarding sangatlah penting untuk mempermudah proses pengiriman barang dari suatu tempat ke tempat lain. Freight forwarding tidak hanya membantu dalam pengiriman barang, tetapi juga dalam pengurusan dokumen dan perhitungan biaya angkutan yang dibutuhkan.

Baca juga: Apa Itu Logistik, Tujuan, Dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Demikianlah artikel kami yang telah mengupas tentang apa itu freight forwarding dengan lengkap dan tuntas. Dengan adanya artikel kali ini, diharapkan Anda dapat lebih mengenal mengenai jasa Freight forwarding. Bagi Anda yang mau melakukan pengiriman barang ke seluruh wilayah Indonesia, percayakanlah kepada Klik Logistics!

Scroll to Top