7 Jenis Kapal Kargo dan Fungsinya

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Indonesia dikenal sebagai negara maritim dengan pergerakan ekspedisi barang melalui kargo laut yang cukup sibuk. Setiap harinya kebutuhan pengiriman barang melalui via laut sangat tinggi terlebih pengiriman untuk daerah antar pulau. Kapal kargo menjadi solusi armada laut untuk mengirimkan barang dalam jumlah yang besar, selain itu daya jelajah kapal kargo tak hanya meliputi wilayah perairan dalam negeri, namun bisa mencapai lautan mancanegara. Maka tak heran kapal kargo kerap digunakan sebagai moda angkutan untuk kegiatan ekspor impor suatu negara.

jenis jenis kapal kargo

Terdapat banyak jenis jenis kapal kargo yang hingga saat ini masih beroperasi mengarungi lautan dalam dan luar negeri. Nah, kali ini kami akan membahas jenis jenis kapal kargo lengkap dengan fungsinya, jadi simak terus artikel ini ya.

Baca juga: Berapa Lama Kirim Barang Menggunakan Kapal Pelni Dan Kapal Kargo? Di Sini Jawaban Lengkapnya

Jenis-Jenis Kapal kargo

Kapal kargo adalah jenis kapal yang digunakan untuk mengangkut barang dan komoditas dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya di seluruh dunia. Ada berbagai jenis kapal kargo yang dapat ditemukan di laut, dan masing-masing memiliki kegunaan yang berbeda tergantung pada jenis muatannya. Berikut kami berikan 7 jenis Kapal kargo dan Fungsinya.

1. Container Vessels

Salah satu jenis kapal kargo yang paling umum adalah kapal container. Kapal ini dirancang untuk mengangkut kontainer standar, yang merupakan kotak logam besar yang digunakan untuk memuat barang-barang seperti elektronik, pakaian, dan makanan. Kapal container dapat membawa banyak kontainer sekaligus, yang memudahkan untuk mengangkut barang dalam jumlah besar dalam satu waktu. Kapal container dapat memiliki kapasitas DWT (deadweight tonnage) hingga 20.000 ton dan lebih.

2. General Cargo Ship

Kapal ini dirancang untuk mengangkut barang yang tidak dapat dimasukkan ke dalam kontainer. Jenis barang yang diangkut oleh kapal ini bisa berupa alat berat seperti truk atau excavator atau barang dalam bentuk curah seperti batu bara atau bijih besi. Kapal kargo umum biasanya memiliki ruang kargo terbuka dan rampa yang dapat menampung berbagai jenis muatan dengan berat yang berbeda.

3. Ro-Ro Vessels

Ro-Ro Vessels adalah sebuah kapal yang dirancang untuk mengangkut kargo kendaraan, seperti Mobil, Motor, Bus, Truck hingga Excavator. Maka tak heran, kapal kargo jenis ini biasa digunakan oleh perusahaan untuk mengangkut kargo proyek alat berat mereka. Terdapat 2 jenis klasifikasi kapal Ro-Ro yaitu, PCTC (Pure Cars and Truck Carriers) dan PCC (Pure Car Carriers).

4. LNG Carriers

Kapal kargo jenis LNG carriers atau kapal tanker gas alam cair (Liquefied Natural Gas Carrier) merupakan salah satu jenis kapal kargo yang digunakan untuk mengangkut gas alam cair dari satu negara ke negara lainnya maupun domestik. Gas alam cair (LNG) sendiri adalah bahan bakar yang sangat penting dalam industri energi karena sifatnya yang ramah lingkungan dan efisien dalam hal penggunaan energi. Penggunaan Kapal LNG sangat dibutuhkan untuk mengirimkan pasokan energi secara global.

5. Large Crude Carriers (LCC)

Large Crude Carriers (LCC) atau Kapal Tanker Besar adalah salah satu jenis kapal kargo yang digunakan untuk mengangkut minyak mentah dari satu negara ke negara lain. Kapal ini mampu mengangkut muatan hingga puluhan ribu ton dan dilengkapi dengan sistem penyimpanan minyak yang besar dan kompleks. Kapal LCC dilengkapi dengan berbagai sistem keamanan dan keselamatan yang canggih, seperti sistem pemadam kebakaran, sistem navigasi modern, dan sistem pemantauan lingkungan.

6. Reefer Vessels

Kapal reefer vessel atau kapal pendingin adalah jenis kapal kargo yang digunakan untuk mengangkut barang-barang yang memerlukan suhu yang terkendali, seperti makanan dan minuman yang mudah rusak. Kapal ini dilengkapi dengan ruang penyimpanan yang dilengkapi dengan sistem pendingin dan pengatur suhu yang canggih untuk menjaga kualitas dan kesegaran muatan selama perjalanan. Fungsi utama kapal reefer vessel adalah sebagai sarana transportasi laut untuk produk-produk yang memerlukan suhu yang terkendali sehingga bahan makanan ataupun minuman tetap terjaga kualitasnya selama pengiriman.

7. Breakbulk Vessels

Breakbulk vessels adalah jenis kapal kargo yang dirancang khusus untuk mengangkut barang curah berat, seperti bijih besi, batu bara, garam, dan pasir. Kapal ini memiliki daya angkut yang besar dan dilengkapi dengan ruang penyimpanan yang besar dan kuat untuk menahan beban berat dari muatan. Kapal ini sangat penting dalam industri pertambangan dan energi karena membantu dalam transportasi dan pengiriman barang-barang yang dibutuhkan untuk produksi dan operasi di seluruh dunia.

Fungsi Kapal Kargo

Penggunaan kapal kargo sebagai moda transportasi angkutan barang via laut sangat dibutuhkan untuk mengangkut barang dari satu daerah menuju daerah lainnya. Hal ini membuat kehadiran kapal kargo menjadi sangat penting dalam menggerakkan perekonomian global karena memungkinkan perdagangan antar daerah maupun antar negara dapat terlaksana. Berikut kami jabarkan fungsi kapal kargo bagi perekonomian masyarakat.

Sebagai Moda Transportasi Angkutan Barang

Kapal Kargo menjadi pilihan transportasi yang paling efektif dan efisien dalam mengangkut barang dalam jumlah besar menuju daerah maupun negara lainnya. Kapal kargo juga menjadi opsi untuk mengangkut barang yang tidak dapat diangkut via transportasi darat maupun udara.

Mendukung Industri Minyak dan Gas

Kapal kargo juga berperan dalam mendukung industri tertentu, seperti industri minyak dan gas. Kapal tanker khususnya digunakan untuk mengangkut minyak mentah atau produk minyak ke berbagai negara.

Memperkuat Perekonomian Negara

Dengan perdagangan internasional yang menggunakan kapal Kargo sebagai angkutan pengiriman barang ekspor maupun impor membuat kebutuhan akan kapal tersebut semakin vital.

Menyediakan Kebutuhan Masyarakat

Kapal kargo juga memungkinkan masyarakat untuk memperoleh barang-barang yang tidak tersedia di negara tempat tinggalnya. Misalnya, kapal kargo mengangkut mobil atau mesin-mesin besar seperti ekskavator ke suatu negara.

Baca juga: Inilah Daftar 7 Perusahaan Pelayaran Ternama Di Indonesia

Demikianlah artikel kami kali ini yang membahas tentang jenis jenis kapal kargo yang beroperasi hingga saat ini. Dengan artikel ini, diharapkan Anda semakin mengenal seluk beluk dari kapal kargo. Jika Anda menginginkan layanan Jasa Pengiriman Kargo laut yang telah terpercaya. Maka Klik Logistics adalah pilihan yang tepat buat Anda.

Klik Logistics dapat mengirimkan segala jenis barang banyak dan besar hingga keseluruh penjuru negeri. Jasa Pengiriman kami dijamin termurah dan juga dijamin Asuransi. Jika tertarik segera kunjungi laman website kami di www.kliklogistics.co.id.

Scroll to Top