Kapal Roro: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Umumnya masyarakat familiar dengan jasa penyeberangan laut dengan penggunaan kapal ferry. Pastinya mereka yang sering melakukan penyeberangan juga sedikit memahami apa itu kapal Roro di pelabuhan.

Kapal Roro adalah sebuah jenis kapal yang dapat mengangkut penumpang maupun kendaraan atau moda darat dari penumpang, sehingga membantu dan memudahkan para penumpang yang ingin melakukan penyeberangan.

kapal roro

Hadirnya kapal Roro juga menjadi sebuah kemajuan pada teknologi dalam kapal penghubung antar pelabuhan tersebut. Agar anda bisa lebih mengenal kapal roro, berikut penjelasan mengenai pengertian, jenis, dan fungsi dari kapal Roro.

Baca juga: 7 Jenis Kapal Kargo Dan Fungsinya

Apa Itu Kapal Roro?

Kapal Roro adalah sebuah kependekan dari kapal roll on/roll off, yang pada pintu keluar masuknya dapat dinaikkan dan diturunkan untuk jalur kendaraan roda dua hingga roda empat.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No. 115 Tahun 2016, kapal Roro adalah sebuah kapal yang dilengkapi satu atau lebih geladak, baik terbuka atau tertutup, untuk mengangkut berbagai jenis kendaraan melalui sistem pintu rampa pada bagian depan atau belakang kapal.

Istilah dari roll on dan roll off atau masuk dan keluar ini merupakan sebuah sistem kerja dari kapal, yang membuat kendaraan dapat keluar masuk dengan bantuan mesin penggerak di masing-masing kendaraan.

Kapal Roro di pelabuhan penyeberangan dapat mengangkut sepeda motor, mobil penumpang, bus, trus, kereta api, hingga alat berat. Tidak hanya memiliki pintu yang bisa naik turunkan kendaraan dan terhubung sebagai lalu lintas kendaraan dengan dermaga di pelabuhan, kapal Roro juga telah dilengkapi jalan khusus bagi penumpang.

Jenis-Jenis Kapal Roro

Kapal Roro memiliki beberapa jenis yang digunakan untuk berlayar, dengan fungsi dan kelebihannya masing-masing. Adapun jenis-jenis kapal Roro diantaranya sebagai berikut.

Pure Car Carrier (PCC) Roro Ship dan Pure Car & Truck Carrier (PCTC) Roro Ship

PCC dikhususkan dalam mengangkut mobil, sedangkan PCTC tidak hanya untuk mengangkut mobil, namun juga truk hingga berbagai kendaraan roda empat lainnya, Umumnya penggunaan PCC dan PCTC ini digunakan untuk berbagai pengiriman kendaraan baru dalam pengiriman antar pulau.

Container Vessel + Roro (Conro) Ship

Jenis kapal ini sebagai penggabungan antara truk kontainer dan Roro. Kapal ini memiliki interior yang dirancang dengan sedemikian rupa. Keseluruhan beban yang diangkut dengan kapal Conro ini bisa didistribusikan secara seimbang dan merata. Kapal Conro ini memiliki daya angkut maksimum dengan capaian 20.000 hingga lebih dari 50.000 DWT (Dead Weight Tonnes).

General Cargo + Roro (Genro) Ship

Selanjutnya kapal Genro yang memiliki daya angkut yang normal, dengan berbagai fasilitas. Tidak seperti Conro yang memiliki daya angkut yang besar, daya angkut Genro diperkirakan mencapai 2.000 hingga 30.000 DWT.

Ropax

Ropax adalah salah satu jenis kapal Roro yang tidak hanya untuk mengangkut mobil namun juga tersedia fasilitas untuk menunjang kehidupan para pelayar. Nama kapal ini seringkali dianggap sebagai ferry yang mengangkut kendaraan beserta penumpang yang menghubungkan antara dua pelabuhan.

Complete Roro Ship

Kapal ini tidak dilengkapi hatcwatchs, dan seringkali dipakai pada laut lepas. Kapal ini hanya dapat mengangkut sekitar 2.000 hingga 40.000 DWT. Kapal Complete Roro memiliki pintu rampa yang dapat tersambung dengan movable bridge atau jembatan yang menghubungi kapal dengan dermaga. Tidak hanya digunakan untuk kepentingan sipil saja, namun Kapal Roro juga digunakan pada kepentingan militer dalam sektor angkatan laut.

Fungsi Kapal Roro

Kapal Roro memiliki fungsi utama di pelabuhan penyeberangan yaitu sebagai pengangkutan, baik dalam mengangkut penumpang maupun mengangkut berbagai kendaraan, baik sepeda motor, hingga kendaraan roda empat seperti mobil, truk, trailer dan lainnya.

Tidak hanya berfungsi pada kebutuhan sipil, namun juga untuk kebutuhan militer pada sektor angkatan laut. Namun, umumnya kapal ini juga digunakan dalam mengangkut sejumlah barang penting yang berasal dari laut maupun darat.

Sebagai kapal pengangkut, kapal Roro seringkali terlihat di Pelabuhan, baik Pelabuhan Merak Banten dan Pelabuhan Bakauheni Lampung. Kapal ini juga menjadi kapal angkutan populer dalam penyeberangan antar pulau, diantaranya seperti Jawa Sumatera, Jawa Bali, ataupun Jawa Madura.

Baca juga: 8 Pelabuhan Terbesar Di Indonesia Yang Ramai Dengan Kegiatan Logistik

Itulah penjelasan mengenai apa itu kapal Roro, mulai dari pengertian, jenis, dan fungsinya. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk bisa lebih mengenal dan mengetahui tentang kapal Roro yang cukup membantu dalam aktivitas pengangkutan serta penyeberangan.

Sebagai jasa ekspedisi pengiriman barang, Klik Logistics juga menerima layanan pengiriman menggunakan jalur laut, yang dapat anda gunakan dalam aktivitas pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia secara aman. Ekspedisi kami berpengalaman dalam pengiriman barang besar dan banyak dengan tarif termurah. Segera hubungi CS marketing kami yang ramah dan responsif, untuk harga terbaik!

Scroll to Top