Perbedaan FCL dan LCL dalam Pengiriman Logistik

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Istilah FCL adalah Full Container Load yang memiliki arti muatan kontainer penuh dan hanya digunakan oleh satu pengirim saja, sementara LCL adalah Less Container Load yang berarti menggabungkan banyak barang dari berbagai pengirim.

perbedaan fcl dan lcl

Tentunya antara metode layanan LCL dan FCL memiliki sejumlah perbedaan baik dalam pengertian, hingga memiliki kelebihan serta kekurangan dalam pengiriman barang. Jadi, untuk anda yang ingin mengirimkan sejumlah barang, maka anda juga harus memahami perbedaan FCL serta LCL yang akan kami bahas berikut ini.

Baca juga: Jasa Pengiriman Kontainer Murah Jakarta ke Seluruh Indonesia

Pengertian FCL dan LCL

Apa itu FCL dan LCL? FCL adalah sebuah metode layanan pengiriman muatan kontainer yang disewa secara satu kontainer penuh oleh customer, baik itu yang berukuran 20 feet hingga 40 feet. Jadi dalam satu kontainer hanya untuk satu pengirim saja, sehingga barang kiriman anda tidak tercampur dengan barang-barang dari pengirim lain. Tarif layanan FCL ini juga menawarkan tarif yang berbeda-beda.

Berbeda dengan FCL, LCL adalah metode layanan pengiriman muatan kontainer, dengan menggabungkan banyak muatan barang kiriman dalam satu kontainer dari berbagai pengirim. Jadi jika anda memilih layanan LCL, maka barang kiriman anda akan bercampur dengan barang kiriman milik orang lain. Tarif yang dibayarkan untuk menggunakan layanan LCL pada pengiriman barang juga terbilang murah, dibandingkan dengan layanan FCL.

Saat anda memutuskan untuk memilih layanan LCL, maka anda harus memahami dimensi kargo dari hitungan kubikasi. Sehingga, anda hanya akan membayar hitungan kubikasi sesuai barang anda.

Perbedaan FCL dan LCL

Dari pengertian kedua layanan tersebut, sudah cukup terlihat jelas perbedaannya. Namun untuk melihat perbedaan secara lebih rinci, berikut akan kami bahas perbedaan antara FCL serta LCL untuk lebih detailnya.

Volume Pengiriman

Volume pengiriman pada barang muatan dengan proses pengiriman, akan mengacu kepada kapasitas barang yang diangkut dan dimasukkan ke dalam kontainer. Maka dari itu, beberapa barang akan menggunakan hitungan kubikasi dengan ketentuan meter kubik atau kaki kubik. Adapun volume pengiriman, yaitu FCL untuk barang berukuran besar dan berat. Sedangkan LCL khusus untuk barang-barang yang kecil dan portable.

Tarif Pengiriman

Tarif pengiriman juga menjadi salah satu faktor utama yang harus dipertimbangkan dalam aktivitas pengiriman barang. Untuk tarif layanan FCL memiliki tarif yang fluktuatif atau sesuai kebutuhan atau jumlah kontainer yang disewa. Sementara LCL memiliki tarif yang stabil atau sesuai dengan hitungan kubikasi.

Tujuan Pengiriman

Setiap pengiriman tentunya memiliki tingkat urgensinya masing-masing. Maka dari itu perlu perencanaan terlebih dahulu sebelum mengirim barang, yang disesuaikan dengan kebutuhan pengiriman, budget yang dimiliki, dan urgensi dari distribusi logistik tersebut.

Adapun layanan FCL dapat digunakan untuk mereka yang memiliki urusan mendesak, dan mengharuskan pengiriman untuk bisa sampai sebelum tanggal yang ditentukan. Sementara LCL dapat digunakan untuk mereka yang menerima kedatangan secara lebih fleksibel, sehingga ketika pengiriman mengalami keterlambatan tidak akan dirugiikan.

Keamanan pada Barang

Pada proses pengiriman barang, tentunya pihak pengirim menginginkan barang yang terjamin keamanannya. Namun, beberapa jenis barang pasti memiliki sensitivitas yang tinggi atas pergerakan barang ketika berada di dalam kontainer, sehingga dapat mengakibatkan barang anda rentan mengalami kerusakan.

Adapun keamanan barang logistik dalam layanan FCL dianggap lebih aman, karena jenis barang dalam kontainer yang disewa oleh satu pengirim ini biasanya memiliki jenis barang yang sama. Sedangkan barang pada layanan LCL memiliki resiko kerusakan, karena dapat terkontaminasi dengan barang lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan FCL dalam Logistik

Layanan FCL pastinya memiliki kelebihan serta kekurangan. Adapun kelebihan serta kekurangan dari FCL, diantaranya sebagai berikut.

Kelebihan FCL

  • Pengiriman barang lebih cepat untuk sampai ke tujuan dan efisien, karena tidak perlu menunggu kontainer sampai penuh terlebih dahulu.
  • Barang kiriman anda tidak tercampur dengan barang milik pengiriman lainnya.
  • Menghindari resiko barang anda tertukar dengan barang milik pengirim lain.

Kekurangan FCL

  • Memiliki tarif biaya pengiriman yang lebih tinggi.
  • Tidak cocok untuk mengirim barang dengan volume yang kecil, sehingga tidak bisa dikenakan harga kubikasi.

Kelebihan dan Kekurangan LCL dalam Logistik

Seperti FCL, LCL juga memiliki beberapa kelebihan kekurangan pada layanannya. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari LCL.

Kelebihan LCL

  • Dikenakan tarif atau biaya pengiriman barang yang yang lebih kompetitif.
  • Waktu pengangkutan barang yang cenderung lebih fleksibel, karena menggabungkan barang dari berbagai pengirim secara bersamaan.

Kekurangan LCL

  • Muatan barang yang rentan memiliki resiko kerusakan.
  • Durasi pengangkutan barang yang lebih lama, karena dilakukan pemeriksaan dokumen pengiriman terlebih dahulu.
  • Menunggu muatan kontainer penuh terlebih dahulu.

Jadi Pilih FCL atau LCL dalam Pengiriman Logistik?

Untuk memutuskan untuk memilih FCL atau LCL dalam pengiriman barang logistik, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan pengiriman anda. Melihat dari jenis dan jumlah barang yang akan anda kirim juga sudah dapat menentukan pilihan layanan.

Jika barang yang dikirim berjumlah banyak dengan dimensi yang berat di setiap barangnya, maka FCL bisa menjadi pilihan, begitu juga sebaliknya. Tarif dan urgensi pengiriman juga bisa menjadi pertimbangan untuk memilih harus menggunakan layanan FCL atau LCL.

Baca juga: 9 jenis Kontainer yang Digunakan dalam Dunia Ekspedisi

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu FCL dan LCL beserta pengertian, perbedaan, dan kelebihan kekurangannya. Jika anda membutuhkan jasa cargo barang banyak dan besar, Klik Logistics bisa menjadi pilihan anda sebagai jasa pengiriman barang ke semua wilayah Indonesia dengan tarif termurah.

Sejumlah layanan di Klik Logistics bisa anda gunakan untuk kenyamanan dan keamanan pengiriman. Segera hubungi customer service kami yang ramah dan responsif, untuk info pengiriman dan harga terbaik.

Scroll to Top