Rincian Ukuran Kontainer 20 Feet, 40 Feet, 40 HC, dan 45 Feet

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Kontainer adalah salah satu alat transportasi yang sangat penting dalam industri logistik dan perdagangan internasional. Kontainer digunakan untuk mengangkut berbagai macam jenis barang, mulai dari barang ringan hingga barang berat dan besar.

Ada beberapa jenis, dimensi, dan ukuran kontainer yang umum digunakan dalam pengiriman barang. Dalam artikel ini, kita akan membahas ukuran dari empat jenis kontainer yang paling umum digunakan, yaitu kontainer 20 feet, 40 feet, 40 HC (high cube), dan 45 feet.

ukuran kontainer

1. Ukuran Kontainer 20 Feet

Ukuran container 20 feet adalah sebagai berikut:

  • Panjang: 6.058 meter
  • Lebar: 2.438 meter
  • Tinggi: 2.591 meter

Kontainer 20 feet memiliki kapasitas muatan sekitar 33 kubik meter dan dapat menampung beban berat hingga 28 ton. Kontainer 20 feet digunakan untuk mengangkut barang dari berbagai jenis, seperti bahan bangunan, pakaian, makanan, obat-obatan, kendaraan, dan barang elektronik.

2. Ukuran Kontainer 40 Feet

Ukuran container 40 feet adalah sebagai berikut:

  • Panjang: 12.192 meter
  • Lebar: 2.438 meter
  • Tinggi: 2.591 meter

Kontainer 40 feet memiliki kapasitas muatan sekitar 67 kubik meter dan dapat menampung beban berat hingga 28 ton. Kontainer 40 feet memiliki kapasitas muat dua kali lebih besar dibandingkan dengan kontainer 20 feet, sehingga sering digunakan untuk mengangkut barang dalam jumlah besar atau barang yang lebih besar seperti kendaraan besar dan mesin.

3. Ukuran Kontainer 40 High Cube (HC)

Ukuran container 40 high cube adalah sebagai berikut:

  • Panjang: 12.192 meter
  • Lebar: 2.438 meter
  • Tinggi: 2.896 meter

Kontainer 40 high cube memiliki ketinggian 30 cm lebih tinggi dibandingkan dengan kontainer 40 feet biasa, sehingga memiliki kapasitas muatan yang lebih besar, yaitu sekitar 76 kubik meter. Kontainer 40 high cube sering digunakan untuk mengangkut barang yang membutuhkan ruang lebih seperti perabotan rumah tangga, mesin industri, atau barang-barang yang tidak bisa dipecahkan menjadi bagian yang lebih kecil.

4. Ukuran Kontainer 45 Feet

Ukuran container 45 feet adalah sebagai berikut:

  • Panjang: 13.716 meter
  • Lebar: 2.438 meter
  • Tinggi: 2.591 meter

Kontainer 45 feet memiliki kapasitas muatan sekitar 86 kubik meter dan dapat menampung beban berat hingga 30 ton. Kontainer 45 feet memiliki panjang yang lebih panjang dibandingkan dengan kontainer 40 feet, sehingga dapat mengangkut barang lebih banyak dalam satu kali pengiriman. Kontainer 45 feet sering digunakan untuk mengangkut barang yang membutuhkan ruang lebih dan dalam jumlah besar seperti kayu, kain, atau produk-produk tekstil.

Baca juga: 9 Jenis Kontainer Yang Digunakan Dalam Dunia Ekspedisi

Kesimpulan

Setiap ukuran kontainer memiliki kapasitas muatan dan kegunaan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pengiriman. Kontainer 20 feet digunakan untuk mengangkut barang dalam jumlah kecil, sedangkan kontainer 40 feet, 40 high cube, dan 45 feet digunakan untuk mengangkut barang dalam jumlah yang lebih besar atau barang yang lebih besar.

Memilih ukuran kontainer yang tepat untuk pengiriman Anda sangat penting untuk memastikan pengiriman barang Anda berjalan lancar. Selain ukuran, Anda juga perlu memperhatikan jenis kontainer yang akan digunakan, apakah kontainer dry van, reefer, open top, flat rack, atau jenis kontainer lainnya yang sesuai dengan karakteristik barang yang akan dikirim.

Dalam memilih kontainer, pastikan juga untuk mempertimbangkan faktor lain seperti biaya pengiriman, waktu pengiriman, dan ketersediaan kontainer di area tujuan. Dengan memilih kontainer yang tepat, Anda dapat memastikan barang Anda tiba dengan aman dan tepat waktu di tujuan yang diinginkan.

Menggunakan kontainer yang tepat dapat membantu Anda menghemat biaya pengiriman dan meminimalkan risiko kerusakan barang selama pengiriman. Jika Anda tidak yakin dengan ukuran atau jenis kontainer yang tepat untuk pengiriman Anda, sebaiknya konsultasikan dengan perusahaan logistik atau agen pengiriman barang yang berpengalaman.

Klik Logistics sebagai perusahaan logistik yang telah berpengalaman melayani pengiriman container ke seluruh Indonesia secara door to door. Untuk melakukan pemesanan, silahkan hubungi kontak marketing kami pada tombol WA yang tertera di bagian atas halaman ini!

Scroll to Top