Apa Itu Silica Gel? Apa Saja Fungsi dan Jenisnya? Cek Disini!

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Pernahkah Anda mendapati bungkusan kecil yang berwarna putih berisi butiran kristal kecil ketika membuka kotak paket ataupun kemasan produk? Yap, bungkusan tersebut dinamakan silica gel. Jangan salah kaprah ya, silica gel bukanlah barang yang terlarang dan berbahaya kok! Silica gel merupakan sebuah butiran yang memiliki fungsi untuk mengawetkan produk agar tahan lama selama proses pengiriman.

silica gel

Bagi Anda yang masih bingung mengenai apa itu silica gel serta jenis dan fungsinya dalam suatu pengemasan barang, maka kami akan mengulas mengenai silica gel secara lebih mendalam pada artikel dibawah ini. Jadi Simak terus hingga akhir ya!

Baca juga: Pengertian Packing, Fungsi, dan Tips supaya Barang Tetap Aman

Apa Itu Silica Gel

Silica gel adalah suatu bahan pengering yang terbuat dari penggumpalan silikon dioksida dan berfungsi sebagai zat pengawet. Bahan ini memiliki pori-pori mikroskopik yang dapat menyerap dan menahan molekul air atau uap air pada permukaannya. Silica gel digunakan oleh bermacam sektor industri, seperti industri makanan, farmasi, dan elektronik, untuk menjaga kelembaban dan mencegah kerusakan pada produk.

Silica gel tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, dari sachet kecil hingga bahan pengisi dalam produk besar. Bahan ini juga dapat diatur untuk menyerap kelembaban dengan kadar yang berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan produk tertentu. Meskipun disebut sebagai “gel”, silica gel sebenarnya berbentuk padat dan tidak berbentuk cair seperti gel pada umumnya. Silica gel juga tidak beracun dan tidak berbahaya untuk digunakan pada makanan dan farmasi, sehingga sangat aman untuk digunakan sebagai bahan pengering pada produk konsumen.

Fungsi Silica Gel dalam Pengemasan Produk

Sebuah Silica gel tanpa disadari kini banyak ditemukan dalam suatu pengemasan barang maupun paket pengiriman barang, supaya Anda semakin mengerti fungsi dari Silica gel ini. Kami akan memberikan informasi mengenai beberapa fungsi Silica gel dalam proses pengemasan Produk.

1. Menjaga Kelembaban Produk

Silica gel digunakan untuk menjaga kelembaban pada berbagai produk, seperti makanan, obat-obatan, dan kosmetik. Bahan ini dapat mengurangi kelembaban pada produk dan mencegah terjadinya kerusakan atau pembusukan.

2. Mencegah Korosi

Silica gel digunakan untuk mencegah terjadinya korosi pada logam dengan menyerap kelembaban pada ruang dan lingkungan sekitarnya. Hal ini berguna untuk menjaga keawetan dan kualitas logam, serta mencegah kerusakan pada peralatan elektronik.

3. Melindungi Tas dan Sepatu

Bukan hanya efektif pada produk berbahan logam saja, Silica gel juga digunakan dalam penyimpanan tas dan sepatu. Silica gel dapat menyerap kelembaban pada sepatu dan tas sehingga mencegah tas menjadi cepat rusak dan berjamur. Bahkan, beberapa jenis silica gel mampu mencegah bau yang kurang sedap yang mungkin terjadi pada sepatu.

4. Mencegah Kebocoran pada Baterai

Silica gel digunakan untuk menjaga kekeringan pada produk yang mudah bocor, seperti baterai dan alat-alat elektronik. Bahan ini dapat menyerap kelembaban pada lingkungan sekitarnya dan mencegah terjadinya kebocoran pada produk tersebut.

5. Menjaga Ponsel Tetap Kering

Salah Satu fungsi dari Silica gel adalah menjaga ponsel tetap kering, butiran kecil yang terkandung dalam sebuah Silica gel dapat menyerap air dengan sangat baik sehingga jika kondisi ponsel sedang basah maka gunakanlah Silica Gel, agar ponsel kamu dapat dengan cepat kering sempurna.

Jenis-Jenis Silica Gel

Meskipun memiliki ukuran yang kecil, Silica gel memiliki banyak sekali jenis dengan kemampuan perlindungan yang berbeda pula. Uniknya, Silica Gel dibedakan berdasarkan warna kemasannya. Berikut adalah beberapa jenis Silica gel yang umum digunakan:

Blue Silica Gel

Merupakan jenis silica gel yang paling umum digunakan. Silica gel biru memiliki kemampuan menyerap kelembaban hingga 40% dari beratnya dan berwarna biru saat masih aktif. Saat sudah jenuh menyerap kelembaban, warna silica gel biru akan berubah menjadi merah muda.

White Silica Gel

Jenis silica gel ini memiliki kemampuan menyerap kelembaban yang lebih tinggi dibandingkan dengan silica gel biru. Silica gel putih biasanya digunakan pada produk yang membutuhkan pengeringan dengan kelembaban yang sangat rendah.

Black Silica Gel

Jenis silica gel ini memiliki kemampuan menyerap kelembaban yang sangat tinggi dan juga mampu menyerap gas dan bau yang tidak diinginkan. Silica gel hitam biasanya digunakan pada industri farmasi, elektronik, dan makanan.

Orange Silica Gel

Jenis silica gel ini memiliki kemampuan menyerap kelembaban yang sangat tinggi, yaitu hingga 60% dari beratnya. Silica gel orange biasanya digunakan pada produk yang membutuhkan pengeringan dengan kelembaban yang sangat tinggi.

Transparent Silica Gel

Jenis silica gel ini memiliki kemampuan menyerap kelembaban yang cukup tinggi dan sering digunakan pada produk elektronik dan farmasi. Bentuknya yang transparan juga membuat silica Gel jenis ini mudah untuk ditempatkan di sudut manapun.

Baca juga: Cara Menulis Alamat Paket yang Benar dan Sesuai Standar Ekspedisi

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu Silica gel beserta jenis dan fungsinya dalam pengemasan suatu produk. Semoga dengan artikel yang telah kami berikan, bisa menambah pengetahuan Anda mengenai Silica Gel.

Jika Anda membutuhkan Jasa Layanan kargo dengan tarif termurah, Klik Logistics adalah pilihan Jasa Ekspedisi paling tepat buat Anda. Klik Logistics telah berpengalaman dalam ekspedisi barang banyak dan besar ke seluruh daerah di Indonesia. Selain Tarif yang murah kami juga memberikan jaminan asuransi untuk setiap barang yang dikirimkan bersama kami. Untuk Info lebih lanjut silahkan hubungi laman website resmi kami.

Scroll to Top