Apa Itu Truk CDD dan CDE? Apa Saja Perbedaannya? Simak Di Sini!

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Anda pastinya cukup sering melihat truk berlalu lalang, baik melihat langsung di jalanan atau di berita televisi. Sudah tidak dipungkiri lagi, truk memang banyak digunakan dalam berbagai pengangkutan barang dan jasa. 

Dari penggunaannya yang sangat dibutuhkan, maka tidak heran jika truk memiliki berbagai jenis dan macam. Ketika memilih kendaraan logistik, umumnya akan disesuaikan dengan kebutuhan dan banyaknya barang kiriman. Beberapa truk yang seringkali digunakan, diantaranya yaitu truk CDD dan truk CDE.

truk cdd dan cde

Lalu, apa saja pengertian dari truk CDD maupun CDE, perbedaan truk CDD serta truk CDE, serta kelebihan keduanya untuk pengiriman kargo darat? Nah, berikut penjelasan CDD CDE untuk lebih lengkapnya.

Baca juga: 5 Jenis Truk Angkut Pengiriman Barang-Barang Logistik

Apa itu Truk CDD?

Truk CDD adalah singkatan dari Colt Diesel Double. Truk CDD adalah sebuah truk yang memiliki jumlah enam ban, yaitu dua ban depan dan empat ban belakang. Kapasitas truk CDD juga terbilang kecil, yaitu maksimum empat ton.

Truk CDD adalah truk pengiriman yang terbagi dalam beberapa jenis, yang beredar di Indonesia, diantaranya yaitu truk CDD box standard, truk CDD box jumbo, truk CDD bak kayu, dan truk CDD bak three way.

Keempat jenis truk tersebut memiliki fungsinya masing-masing, tergantung dari muatan dan daya tampung dari truk. Fungsi truk CDD biasanya digunakan untuk mengangkut barang, mengangkut air, mengangkut hewan, mengangkut material curah, dan lain-lain. 

Apa itu Truk CDE?

Sementara itu, truk CDE adalah sebuah singkatan dari Colt Diesel Engkel. Truk CDE adalah sebuah truk yang memiliki jumlah empat ban. Kapasitas truk CDE ini hanya mampu mengangkat beban barang maksimal dua ton. 

Truk CDE umumnya sering berlalu lalang dan dapat anda lihat di jalanan kota, karena ukuran truknya yang seukuran mobil biasa dan dapat masuk ke gang-gang kecil. Lalu, apa fungsi truk CDE? Biasanya, truk CDE digunakan untuk mengangkut barang, mengangkut hewan, mengangkut material curah, dan lainnya yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan. 

Perbedaan CDD dan CDE

Dari pengertian kedua truk antara CDD serta CDE di atas, untuk lebih jelasnya berikut beberapa perbedaan kedua truk!

Ukuran

Dilihat dari ukuran kedua truk, truk CDD memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan truk CDE. Truk CDD mempunyai ukuran panjang box lebih dari 4 meter, sedangkan truk CDE mempunyai ukuran yang kurang dari 4 meter.

Kapasitas Angkut

Jika dari kapasitas angkutnya, truk CDD juga lebih besar dibandingkan dengan truk CDE. Pada CDD, truk ini mampu menampung kapasitas beban hingga 4-6 ton, sedangkan pada truk CDE hanya bisa mampu menampung kapasitas beban hingga 2-4 ton beratnya.

Harga

Dengan ukuran dan kapasitas angkut pada masing-masing truk, truk CDD tentunya terlihat lebih unggul dari truk CDE, yang mana pastinya juga berpengaruh pada harga dari truk itu sendiri. Truk CDD memiliki harga yang lebih mahal, yaitu di atas 250 juta, sementara truk CDE lebih murah, yakni berkisar 200 jutaan.

Kelebihan Truk CDD dan CDE untuk Pengiriman Kargo Darat

Truk CDD dengan truk CDE pastinya memiliki kelebihan dalam penggunaannya bagi konsumen, melalui pengiriman kargo jalur darat. Nah, berikut kelebihan penggunaan truk CDD serta CDE!

1. Biaya Lebih Terjangkau

Biaya yang terjangkau menjadi salah satu faktor seseorang untuk memilih dan menggunakan kargo darat, dibandingkan dengan penggunaan kargo pada jalur lainnya. Biaya terjangkau dan efisien, yang mana aktivitas bongkar muat dan atau naik turun barang yang tidak terlalu banyak.

2. Prosedur Lebih Mudah

Tidak hanya harus mengetahui perbedaan truk CDD dengan CDE pada ekspedisi. Namun, antara CDD dengan CDE juga memiliki keuntungan pada pengiriman kargo darat. Salah satunya seperti prosedurnya yang lebih mudah, karena hanya membutuhkan sedikit dokumen yaitu invoice dan surat jalan saja. 

Hal itu sangat berbeda dengan pengiriman jalur lain, yang membutuhkan banyak dokumen. Bahkan dalam menyiapkan berbagai dokumen tersebut juga tidak mudah.

3. Jenis Muatan yang Beragam

Pada beberapa jenis jalur pengiriman, umumnya anda tidak bisa mengirimkan barang tertentu, seperti barang elektronik atau kendaraan. Namun, tidak pada kargo darat yang menyediakan berbagai pilihan jenis muatan, sehingga anda bisa bebas mengirimkan barang apapun asalkan masih sesuai dengan ketentuan yang diizinkan.

4. Pilihan Pengiriman Jarak Pendek

Pengiriman kargo via darat dengan truk CDD ataupun CDE adalah solusi yang terbaik untuk pengiriman jarak pendek. Barang anda pun akan bisa lebih cepat sampai dan biayanya pun terjangkau, dibandingkan dengan jalur pengiriman lain.

Hubungi Kami untuk Menggunakan Layanan Sewa Truk CDD dan CDE Termurah

Setelah anda mengetahui perbedaan CDD serta CDE, tentunya anda juga dapat menggunakan layanan sewa truk tersebut di Klik Logistics. Perusahaan jasa ekspedisi kami menyediakan berbagai jenis truk yang dapat anda sewa, seperti jenis CDD maupun dengan tarif harga termurah. Agar memudahkan aktivitas penyewaan truk, anda bisa langsung menghubungi CS Klik Logistics yang ramah dan responsif untuk informasi lebih lanjut!

Scroll to Top