5 Jenis Truk Angkut Pengiriman Barang-Barang Logistik

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Dalam mengakomodir kegiatan ekspedisi barang, sebuah jasa layanan ekspedisi barang pastinya sangat membutuhkan armada yang berfungsi sebagai alat transport mengirimkan barang sesuai alamat tujuan. Perusahaan jasa ekspedisi wajib sekali untuk mempersenjatai fasilitas pengiriman barang mereka dengan armada yang disesuaikan dengan fokus pengiriman mereka.

jenis jenis truk

Salah satu armada yang vital fungsinya dalam suatu proses pengiriman barang adalah truk. Truk dipilih sebagai armada angkutan barang utama karena spesifikasi kendaraan ia miliki dapat menampung muatan yang sangat berat  mulai dari puluhan kilogram hingga berat yang mencapai berton-ton. Truk juga dapat menempuh perjalanan yang sangat jauh sehingga sangat cocok untuk menjadi moda angkutan pengiriman barang.

Akan tetapi banyak sekali jenis jenis truk angkut barang yang kini masih beroperasi dalam melakukan sebuah ekspedisi barang. Jenis jenis truk ini juga disesuaikan penggunaanya dengan spesifikasi barang yang akan diangkut. Nah buat kamu yang ingin lebih mendalami dunia ekspedisi barang, kali ini kami bagikan tentang 7 jenis truk pengangkut barang di bawah ini.

Baca juga: Jasa Sewa Truk Murah Dari Jakarta Ke Seluruh Indonesia

Jenis-Jenis Truk Pengangkut Barang

Untuk menunjang keperluan operasional jasa ekspedisi barang, pengadaan truk pengangkutan barang yang lengkap menjadi kunci kesuksesan dalam sebuah bisnis ekspedisi. Berikut kami bagikan daftar 7 jenis truk angkut pengiriman barang yang paling dibutuhkan dalam sebuah aktivitas ekspedisi.

1. Truk Kontainer

Truk kontainer difungsikan untuk mengangkut kontainer dengan ukuran tertentu. Kontainer adalah sebuah kotak berbahan logam besar yang digunakan untuk menjadi tempat penyimpanan barang yang akan dikirimkan.

Truk kontainer memiliki beberapa jenis yang berbeda, tergantung pada ukuran kontainer yang akan diangkut. Jenis-jenis truk kontainer yang umum digunakan adalah truk kontainer 20 kaki dan truk kontainer 40 kaki. Truk kontainer 20 kaki dapat mengangkut satu kontainer 20 kaki, sedangkan truk kontainer 40 kaki dapat mengangkut satu kontainer 40 kaki atau dua kontainer 20 kaki.

Salah satu keuntungan dari penggunaan truk kontainer adalah efisiensi dalam pengangkutan barang. Kontainer dapat diisi dengan barang-barang dan dimuat ke dalam truk kontainer. Dalam hal ini, barang-barang tidak perlu dimuat dan dibongkar ulang, sehingga menghemat waktu dan biaya pengangkutan.

Truk kontainer modern juga dapat digunakan untuk mengangkut berbagai macam barang, termasuk barang-barang yang dianggap berbahaya dan barang yang memerlukan kondisi khusus seperti suhu atau kelembaban tertentu. Dalam hal ini, kontainer dapat dilengkapi dengan sistem pendingin atau sistem pengatur suhu lainnya untuk menjaga kondisi barang tetap stabil selama pengangkutan.

2. Truk Box CDE

Truk Box CDE adalah kendaraan pengangkut barang dengan skala medium seperti alat elektronik, kendaraan motor hingga hasil produksi ataupun sembako. CDE sendiri adalah singkatan dari  Colt Diesel Engsel yang berarti kendaraan bermesin diesel versi kecil.

Salah satu keunggulan dari Truk Box CDE adalah keamanan barang yang terjamin. Bodi kotak yang terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama mampu melindungi barang dari cuaca yang buruk, debu, hujan, dan guncangan. Selain itu, Truk Box CDE juga dilengkapi dengan sistem penguncian yang aman, sehingga meminimalkan risiko kehilangan atau pencurian barang.

Selain keamanan barang, Truk Box CDE juga menawarkan kenyamanan dan kepuasan konsumen yang tinggi. Truk ini dilengkapi dengan sistem suspensi yang baik, sehingga dapat mengurangi getaran saat melaju di jalan yang tidak rata. Selain itu, Truk Box CDE juga dilengkapi dengan AC, sehingga pengemudi dan penumpang bisa merasa nyaman selama perjalanan.

3. Mobil Pick Up

Mobil Pick Up pada dasarnya adalah mobil dengan bak terbuka yang ada dibelakangnya. Mobil ini digunakan untuk mengangkut barang yang memiliki muatan yang tidak terlalu besar seperti furniture seperti meja, lemari, kasur, hingga kursi, maka tak heran mobil pickup sering digunakan untuk mengirimkan barang pindahan yang menempuh perjalanan yang pendek saja.

pickup juga dilengkapi dengan berbagai fitur modern yang membuatnya cocok digunakan sebagai kendaraan pribadi. Beberapa fitur yang dimiliki antara lain sistem navigasi, sistem hiburan, sistem keamanan, dan kenyamanan yang tinggi. Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa produsen pickup bahkan mulai menawarkan fitur-fitur canggih seperti kamera belakang, sensor parkir, dan sistem pengereman otomatis.

4. Truk Box CDD

Truk Box CDD (Container Delivery Dropside) adalah kendaraan komersial yang dirancang khusus untuk mengangkut barang dengan kapasitas yang besar. Salah satu keunggulan utama dari Truk Box CDD adalah kemampuan daya angkutnya yang tinggi. Dibandingkan dengan kendaraan penumpang standar, Truk Box CDD mampu membawa barang dengan kapasitas yang lebih besar. Beberapa model Truk Box CDD bahkan mampu mengangkut beban yang lebih berat daripada truk ringan. Kapasitas angkut yang tinggi ini membuat Truk Box CDD menjadi kendaraan yang ideal untuk digunakan sebagai kendaraan komersial, seperti pengangkutan barang, konstruksi, dan peternakan.

5. Truk Wingbox

Truk Wingbox adalah kendaraan komersial yang dilengkapi dengan bak yang dilengkapi dengan dua set pintu samping yang dapat dibuka dan ditutup secara vertikal. Desain pintu samping ini memberikan kemudahan dalam proses bongkar muat barang, serta melindungi barang dari cuaca yang buruk selama proses pengiriman. Truk Wingbox sering digunakan oleh perusahaan logistik untuk mengangkut barang dari satu tempat ke tempat lain, dan juga oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan kendaraan truk dengan daya angkut yang tinggi.

Salah satu keunggulan utama dari Truk Wingbox adalah kemampuan daya angkutnya yang tinggi. Dibandingkan dengan kendaraan penumpang standar, Truk Wingbox mampu membawa barang dengan kapasitas yang lebih besar. Beberapa model Truk Wingbox bahkan mampu mengangkut beban yang lebih berat daripada truk ringan. Kapasitas angkut yang tinggi ini membuat Truk Wingbox menjadi kendaraan yang ideal untuk digunakan sebagai kendaraan komersial, seperti pengangkutan barang, konstruksi, dan peternakan.

Baca juga: Daftar Harga Sewa Truk

Demikianlah artikel kami mengenai jenis jenis truk yang sering digunakan dalam aktivitas ekspedisi barang, dengan informasi yang kami telah berikan semoga Anda semakin mengerti akan pentingnya peran armada pengiriman barang.

Klik Logistics memiliki armada pengiriman yang lengkap sehingga dapat mengirimkan barang dengan spesifikasi apapun. Seluruh armada pengiriman Klik Logistics dimiliki secara mandiri sehingga pengiriman barang bersama kami tidak terasosiasi dengan jasa pengiriman lainnya.

Klik Logistics juga memberikan harga yang terjangkau serta perlindungan barang yang tinggi dengan memberikan jasa packing yang handal dan perlindungan asuransi. Jika Anda ingin mengirimkan barang dengan skala banyak dan besar, hanya Klik Logistics jagonya!

Scroll to Top