Apa itu Estimasi Pengiriman? Apa Saja Faktor yang Mempengaruhinya?

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Di dalam dunia jasa ekspedisi kata “estimasi pengiriman” pastinya sering dikemukakan. Hal tersebut karena estimasi memiliki arti yang sangat penting dalam suatu proses ekspedisi barang. Estimasi pengiriman menjadi indikator yang sangat penting bagi pelanggan untuk mempercayakan pengiriman barang miliknya kepada suatu jasa ekspedisi. Setiap jasa Ekspedisi memiliki ketentuan estimasi pengiriman yang berbeda karena mereka memiliki fitur layanan tersendiri.

apa itu estimasi pengiriman

Jadi, apa itu estimasi pengiriman dan faktor apa saja sih yang mempengaruhi hal tersebut? Semua akan kami bahas pada artikel yang satu ini.

Baca juga: Berapa Lama Kirim Barang Menggunakan Kapal Pelni Dan Kapal Kargo? Di Sini Jawaban Lengkapnya

Mengenal Apa itu Estimasi Pengiriman

Apa yang dimaksud dengan estimasi pengiriman? Estimasi pengiriman adalah perkiraan waktu yang diperlukan untuk mengirimkan suatu barang atau paket dari satu tempat ke tempat lain. Peran estimasi pengiriman sangat penting bagi pelanggan karena dapat membantu dalam merencanakan waktu pengiriman dan memastikan bahwa barang yang mereka kirimkan tiba tepat waktu.

Jasa Ekspedisi menjadikan Estimasi mereka sebagai Selling Point layanan mereka dengan memberikan pilihan paket pengiriman yang disesuaikan dengan estimasi pengiriman barang.

Contohnya seperti Express yang memberikan kelebihan pengiriman prioritas sehingga barang akan menjalani proses pengiriman jauh lebih cepat jika dibandingkan pengiriman barang Reguler.

Tarif pengiriman pun juga ikut terdampak dengan adanya beragam paket pengiriman yang menawarkan estimasi pengiriman lebih cepat meski kocek yang harus dikeluarkan harus lebih tinggi dibanding pengiriman reguler.

Faktor-Faktor yang Menentukan Estimasi Pengiriman

Dalam menentukan suatu estimasi pengiriman barang banyak hal yang harus dipertimbangkan secara seksama, agar informasi yang diberikan kepada pelanggan tepat. Berikut adalah faktor yang menentukan pemberian estimasi pengiriman.

1. Jarak Pengiriman

Jarak pengiriman sangat mempengaruhi estimasi pengiriman suatu barang. Semakin jauh jarak antara Kota pengirim dan penerima, maka akan semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman. Estimasi pengiriman akan berdasarkan jarak asli dari kota pengiriman menuju kota tujuan barang.

2. Moda Transportasi Pengiriman

Moda Transportasi pengiriman barang juga dapat mempengaruhi estimasi pengiriman. Ada beberapa pilihan Moda Transportasi yang lebih cepat daripada yang lain, seperti pengiriman udara dengan pesawat Kargo dan pengiriman darat dengan Kereta Api akan tetapi pengiriman menggunakan truk dan kapal laut akan jauh lebih lama karena harus menggunakan jalur darat dan laut yang lebih jauh jaraknya karena harus menggunakan jalan nasional dan laut

3. Waktu Pemesanan

Waktu pemesanan juga dapat mempengaruhi estimasi pengiriman. Jika pelanggan memesan pengiriman pada hari libur atau akhir pekan, waktu pengiriman dapat memakan waktu lebih lama karena kurir mungkin tidak bekerja pada hari tersebut. Jam pengiriman pun juga menjadi faktor estimasi pengiriman, pada beberapa jasa ekspedisi mereka akan langsung mengirimkan barang pada hari itu juga jika barang datang pada jam 9-12. Jika lebih dari jam tersebut maka akan dikirimkan pada keesokan harinya, jadi pastikan kita memperhatikan jam pengiriman barang Anda.

4. Faktor Cuaca dan Non Teknis

Cuaca juga dapat mempengaruhi estimasi pengiriman. Jika cuaca buruk, seperti hujan atau ombak yang tinggi di laut, pengiriman mungkin memakan waktu lebih lama karena kurir harus menghadapi kondisi cuaca yang tidak kondusif. Beberapa faktor non teknis yang terjadi selama proses pengiriman juga mempengaruhi estimasi pengiriman seperti, penutupan jalan, kemacetan hingga kerusakkan armada pengiriman.

5. Perbedaan Jenis Layanan Pengiriman

Beberapa jasa Ekspedisi memberikan perbedaan layanan pengiriman, hal ini dilakukan untuk memberikan opsi kepada pelanggan akan durasi pengiriman barang mereka. Pelanggan akan ditawarkan beberapa paket ataupun kelas pengiriman seperti express, regular hingga ekonomi. Masing masing paket tersebut menawarkan pilihan pengiriman yang cepat ataupun normal.

Peran Penting Website dan Aplikasi Dalam Pemberian Informasi Estimasi Pengiriman Barang

Kini kita mungkin sudah mendapat gambaran luas tentang apa itu estimasi pengiriman, langkah selanjutnya yang perlu Anda pahami adalah bagaimana mengetahui informasi estimasi pengiriman barang pada sebuah jasa Ekspedisi.

Pada era digital seperti sekarang website sudah menjadi platform banyak pelaku usaha untuk mengenalkan produk ataupun jasa yang mereka miliki. Tak berbeda dengan jasa Ekspedisi, kini mereka mempromosikan segala kelebihan layanan yang dimiliki menggunakan platform website.

Biasanya mereka akan menampilkan beberapa informasi fitur pengiriman yang mereka miliki dan termasuk pula dengan estimasi pengiriman barang. Para pelaku bisnis ekspedisi biasanya akan menampilkan tarif pengiriman antara satu kota menuju kota lainnya yang disertakan dengan estimasi pengiriman yang kan berlangsung.

Maka dari itu kami menyarankan untuk membuka aplikasi ataupun website resmi dari perusahaan Jasa Ekspedisi untuk mendapatkan informasi harga dan juga estimasi pengiriman barang. Hal ini tentunya lebih praktis jika dibandingkan Anda langsung menuju kantor jasa Ekspedisi untuk menanyai hal tersebut.

Informasi Estimasi Pengiriman Klik Logistics

Klik Logistics yang merupakan jasa Ekspedisi yang memiliki spesialisasi dalam pengiriman barang banyak dan besar dengan jangkauan pengiriman hingga seluruh daerah di Indonesia.

Dengan luasnya jangkauan operasi pengiriman barang kami, tak khayal membuat kami harus selalu memberikan kemudahan kepada para pelanggan kami dalam mengakses harga dan estimasi pengiriman. Berikut akan kami jelaskan runutan untuk mengakses website kami dalam mencari info estimasi barang:

  1. Akses halaman resmi Klik Logistics di www.kliklogistics.co.id
  2. Ketika memasuki menu utama Klik fitur tarif pengiriman dan carilah kota pengiriman dan kota tujuan
  3. Setelah memilih kota yang Anda inginkan maka Anda akan melihat page yang berisikan tarif, minimal pengiriman dan estimasi pengiriman barang.

Begitulah cara mengetahui estimasi pengiriman barang bersama Klik Logistics, gimana gampang kan? Karena kami selalu ingin memudahkan Anda untuk menggunakan jasa kami.

Baca juga: Inilah Cara Menghitung Volume Dan Kubikasi Pada Perusahaan Jasa Pengiriman Barang

Yap, demikianlah penjelasan lengkap kami tentang apa itu estimasi pengiriman dan juga faktor yang mempengaruhinya. Semoga dengan informasi yang telah kami jabarkan dapat membantu Anda memahami lebih baik lagi tentang penegrtian estimasi pengiriman dan tata cara untuk mencari informasi akan hal tersebut.

Jika Anda membutuhkan jasa Ekspedisi yang dapat mengangkut barang banyak dan besar ke seluruh Indonesia maka Klik Logistics adalah Jasa ekspedisi yang tepat buat Anda. Klik Logistics selalu berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik buat Anda dan juga memberikan tarif yang terjangkau kantong seluruh kalangan. Kami juga memberikan perlindungan asuransi untuk segala pengiriman barang bersama kami.

Segera kunjungi halaman resmi kami di www.kliklogistics.co.id dijamin pengiriman bersama Klik logistics pasti tanpa Beban!

Scroll to Top