Apa Itu Cargo? Inilah Pengertian, Jenis, dan Klasifikasi Barangnya

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar istilah cargo? Istilah satu ini pasti sangat identik dengan konteks pengiriman barang. Perusahaan pengiriman barang cargo memang tumbuh pesat pada beberapa tahun belakangan. Hal tersebut dipengaruhi oleh adanya faktor digitalisasi. Sebelum era digital, masyarakat hanya bisa membeli barang-barang kebutuhan di pusat perbelanjaan, seperti mall, pasar, dan sejenisnya. Namun sekarang, semuanya bisa dilakukan hanya melalui telepon pintar.

apa itu cargo

Berkat kemajuan teknologi, seseorang kini hanya perlu membuka aplikasi platform belanja online di gadget-nya untuk membeli barang-barang kebutuhan. Lalu membayarnya melalui transfer rekening dan menunggu barang sampai di alamat tujuan. Untuk pemesanan barang-barang yang berukuran besar atau berjumlah banyak, biasanya metode pengiriman yang digunakan adalah pengiriman cargo.

Lantas, apa itu cargo? Apa saja klasifikasi barangnya? Berikut kami berikan penjelasannya.

Baca juga: Yuk, Kenali Perbedaan Pengiriman Ekspedisi Cargo dan Reguler

Pengertian Cargo

Mungkin sebagian dari kalian ada yang bertanya-tanya mengenai apa itu cargo. Jadi jika diartikan, cargo adalah metode pengiriman barang yang digunakan untuk mengirim barang-barang bermuatan besar dan berjumlah banyak. Biasanya, pengiriman cargo digunakan untuk mengirim barang yang jarak tempuhnya jauh, seperti antar kota, antar provinsi, antar pulau, dan antar negara.

Dewasa ini, para penyedia jasa pengiriman cargo banyak menawarkan kemudahan demi memudahkan masyarakat dalam mengirim barang berjumlah banyak dan berukuran besar. Di Klik Logistics, kami menawarkan kemudahan mengirim cargo dengan mekanisme pengiriman secara door to door. Info lengkap silahkan hubungi kontak marketing kami di nomor yang tertera!

Jenis-Jenis Cargo

Terdapat tiga jenis cargo dalam pengiriman barang, yakni pengiriman cargo darat, pengiriman cargo via laut, dan pengiriman cargo via udara.

Pengiriman Cargo via Darat

Jenis cargo darat adalah metode pengiriman yang akan ditempuh menggunakan armada transportasi darat. Ada banyak armada transportasi yang bisa digunakan untuk mengirim barang melalui jalur darat, diantaranya ada truk box, tronton, trailer, fuso, hingga mobil box.

Selain itu, ada juga pengiriman cargo via darat yang menggunakan armada transportasi kereta api logistik atau biasa disebut dengan kalog.

Pengiriman Cargo via Laut

Jenis cargo laut adalah metode pengiriman yang biasanya digunakan untuk mengirim barang lintas pulau dan lintas negara. Jenis cargo satu ini akan menggunakan armada kapal laut, seperti kapal cargo, kapal lct, kapal roll on roll off, dan kapal milik Pelayaran Nasional Indonesia atau PELNI.

Tarif pengiriman cargo via laut pun terbilang cukup murah. Ditambah dengan jumlah dan ukuran barang yang lebih fleksibel karena akan diangkut menggunakan container. Hanya saja pengiriman melalui jalur laut ini membutuhkan proses yang lama, bahkan bisa sampai berminggu-minggu.

Pengiriman Cargo via Udara

Sementara itu jenis cargo udara adalah pengiriman yang lebih cepat dibanding jenis-jenis cargo lainnya. Estimasi pengiriman melalui jalur udara bisa sekitar 2-3 hari saja karena barang akan dikirim menggunakan pesawat khusus cargo.

Namun, tarif pengiriman via udara dapat dikatakan berada sedikit di atas jenis pengiriman cargo lainnya. Selain itu, barang yang dapat dikirim pun terbatas, yakni beberapa diantaranya adalah tidak boleh mengirim barang berjenis gas, cairan kimia, dan barang mudah meledak.

Klasifikasi Barang Cargo

Kami telah mengklasifikasikan barang cargo menjadi dua golongan, yakni berdasarkan sifat barangnya dan berdasarkan cara penanganannya. Berikut adalah klasifikasi barang cargo versi Klik Logistics.

Berdasarkan Sifat Barang

Klasifikasi barang cargo berdasarkan sifat barang, yaitu:

  • barang kering (pakaian, makanan kering, dan lain-lain).
  • barang basah atau cair (minuman, bahan kimia, dan lain-lain).
  • barang gas (LPG, Helium, dan lain-lain).
  • barang mudah terbakar atau meledak (bahan bakar, bahan kimia tertentu, dan lain-lain).

Berdasarkan Cara Penanganannya

Klasifikasi barang cargo berdasarkan cara penanganannya, yaitu:

  • General cargo, adalah barang yang tidak perlu diberikan penanganan khusus, namun tetap harus memenuhi syarat pengiriman logistik.
  • Special cargo, adalah barang yang perlu diberi penanganan khusus agar aman dan tidak membahayakan barang lainnya saat dalam proses pengantaran ke kota tujuan.

Kirim Cargo ke Seluruh Indonesia Lebih Mudah dan Praktis bersama Klik Logistics

Klik Logistics adalah penyedia jasa ekspedisi yang melayani jasa pengiriman cargo ke berbagai wilayah di Indonesia. Kami memiliki beragam fitur layanan yang siap memudahkan segala jenis keperluan mengirim barang banyak dan besar.

Kami punya fitur layanan unggulan bernama layanan door to door. Layanan ini dapat dinikmati untuk sensasi pengiriman cargo yang lebih mudah dan praktis. Dengan layanan door to door, barang bisa kami jemput ke lokasi dan bisa juga kami antarkan langsung menuju alamat penerima.

Tidak hanya itu. Barang cargo pun akan melewati tahapan pengemasan terlebih dahulu oleh tim ahli pengemasan Klik Logistics. Mereka akan mengemas barang menggunakan teknik pengemasan sesuai standar pengiriman logistik. Jadi, dipastikan aman deh!

Klik Logistics siap melayani pengiriman cargo via darat, laut, dan udara. Kami memiliki armada yang sangat lengkap, mulai dari truk tronton, truk trailer, container, kapal cargo, hingga pesawat cargo.

Anda ga perlu khawatir mengenai besaran biaya yang akan dikeluarkan bila menggunakan jasa kami. Klik Logistics adalah vendor layanan logistik termurah. So, tarif pengiriman cargo via darat, laut, maupun udara dijamin sangat murah. Yuk, kirimkan barang melalui jasa pengiriman cargo Klik Logistics! Spesialisnya pengiriman barang banyak dan besar.

Baca juga: Prosedur Pengiriman Barang Lewat Jasa Cargo Udara

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai apa itu cargo, jenis, dan klasifikasi barang cargo. Semoga melalui artikel ini, wawasan Anda seputar cargo bisa bertambah. Tabik.

Scroll to Top