Apa Itu Valuable Goods? Inilah Pengertian dan Contoh Barangnya

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Valuable goods adalah jenis barang-barang yang memiliki nilai tinggi dan dianggap sebagai barang berharga bagi pemiliknya. Terkadang pemilik barang berharga sulit untuk mempercayakan barangnya, seperti perhiasan, dokumen pribadi, karya seni dan lainnya untuk dikirim melalui ekspedisi.

Sebenarnya anda tidak perlu khawatir untuk mempercayakan barang-barang berharga anda untuk dikirimkan melalui jasa ekspedisi. Sebab, ekspedisi nantinya akan mengkategorikan jenis barang tersebut sebagai valuable goods.

valuable goods adalah

Pengkategorian dilakukan agar barang berharga anda ditangani dengan standar kualitas tinggi dan terjamin keamanannya. Lalu, apa itu valuable goods, pengertian dan contoh barang yang termasuk valuable goods? Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui pengertian valuable goods dan contohnya!

Baca juga: Apa Itu Perishable Goods: Pengertian, Contoh, dan Tips Aman Mengirimnya

Pengertian Valuable Goods

Valuable goods adalah benda-benda berharga yang mempunyai nilai tinggi, baik itu secara finansial dan emosional. Barang-barang kategori valuable goods umumnya memiliki nilai investasi yang penting bagi pemiliknya. Sebagai barang yang termasuk berharga, maka valuable goods termasuk ke dalam kategori barang yang wajib mendapatkan perlakuan khusus dan keamanan yang ekstra, baik dalam penanganan dan pengiriman.

Contoh barang-barang berharga diantaranya, seperti uang tunai, perhiasan, dokumen penting, barang berharga pribadi, benda antik, barang seni, hingga barang elektronik mewah. Barang berharga yang memiliki nilai finansial tinggi, misalnya seperti berlian atau lukisan langka. Begitu juga barang dengan nilai sentimental yang tidak ternilai, misalnya seperti barang koleksi pribadi atau warisan keluarga.

Untuk memberikan kepercayaan dan keamanan pada barang penting milik pengirim, maka pihak jasa pengiriman dapat mengkategorikan barang tersebut sebagai valuable goods. Pengkategorian tersebut dilakukan untuk memberikan perlakuan khusus atau ekstra pada barang penting yang akan dikirimkan melalui ekspedisi.

Contoh Barang Valuable Goods

Valuable goods memiliki berbagai macam jenis barang yang berharga dan bernilai tinggi. Berikut ini beberapa contoh barang valuable goods yang dapat anda ketahui.

1. Uang Tunai

Uang tunai dengan jumlah besar juga termasuk sebagai barang berharga, baik itu mata uang lokal dan mata uang asing. Uang tunai juga memerlukan pengamanan khusus selama proses pengiriman.

2. Perhiasan

Berbagai macam perhiasan, seperti kalung, cincin, gelang, atau anting berlian memiliki nilai finansial yang tinggi, karena perhiasan tersebut menggunakan bahan seperti emas, perak, berlian, hingga batu mulia. Perhiasan juga bisa memiliki nilai sentimental, karena bisa menjadi hadiah istimewa atau warisan keluarga.

3. Dokumen Penting

Dokumen penting yang termasuk dalam kategori barang berharga, contohnya seperti sertifikat, surat-surat legal, kontrak, hingga dokumen keuangan. Dokumen-dokumen tersebut harus dijaga keamanannya secara hati-hati agar tidak hilang, rusak, atau bahkan jatuh ke tangan orang yang salah.

4. Barang Berharga Pribadi

Barang-barang pribadi yang masuk dalam kategori berharga contohnya seperti perhiasan warisan, album foto, warisan keluarga, atau benda pribadi yang bersejarah, yang memiliki nilai sentimental dan emosional bagi pemiliknya.

5. Benda Antik

Benda antik yang termasuk barang berharga, contohnya seperti barang pecah belah tua, furnitur kuno, dan barang koleksi langka yang bernilai sejarah dan seni tinggi. Untuk menghindari kerusakan ataupun kehilangan dalam proses pengiriman, barang antik tentunya juga memerlukan perhatian yang ekstra.

6. Barang Seni

Lukisan, patung, hingga artefak bersejarah merupakan karya seni yang bernilai seni dan sejarah yang sangat tinggi. Karya seni rentan rapuh dan rusak, sehingga memerlukan penanganan yang khusus dalam proses pengirimannya.

7. Barang Elektronik Mewah

Barang elektronik mewah termasuk sebagai barang berharga. Contoh barang elektronik berharga tersebut, seperti kamera profesional, laptop, perangkat smartphone terbaru, dan peralatan audio hi-fi. Tidak hanya mempunyai nilai finansial yang tinggi, barang elektronik sebagai barang mewah ini seringkali menjadi sasaran atau target pencurian.

Pastinya semua jenis barang berharga akan memerlukan perlakuan khusus, baik itu dalam tahap packing, penanganan, hingga pengiriman. Perusahaan ekspedisi tentunya juga harus memberikan layanan yang sesuai dan keamanan ekstra dalam proses pengiriman barang, terutama pada pengiriman barang berharga.

Baca juga: Mengenal Dangerous Goods, Klasifikasi, Dan Contoh Barangnya

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu valuable goods, mulai dari pengertian, hingga contoh contoh barang valuable goods untuk dapat anda pahami. Semoga informasi yang kami sampaikan ini dapat memberikan anda pemahaman terkait barang-barang valuable goods atau jenis benda dengan kategori barang berharga.

Scroll to Top