Apa Saja Perbedaan Pick Up dan Drop Off? Simak Di Sini!

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Seiring berkembangnya zaman, masyarakat semakin dimanjakan oleh teknologi yang bisa memudahkan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari, salah satunya kemudahan dalam melakukan pengiriman barang. Kegiatan pengiriman barang tentunya kita membutuhkan waktu luang untuk bisa menyerahkannya kepada jasa ekspedisi.

perbedaan pickup dan drop off

Seperti yang kita ketahui, aktivitas pengiriman barang biasanya dilakukan dengan cara mengantarkan barang langsung ke kantor jasa ekspedisi saja atau biasa disebut dengan kegiatan drop off. Namun untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pengiriman customer, Klik Logistics juga siap melayani layanan jemput barang (pick up) dengan jumlah banyak dan besar.

Nah melalui artikel ini, kami akan mengajak anda untuk lebih mengetahui apa saja pengertian hingga perbedaan pick up dan drop off dalam kegiatan jasa pengiriman.

Baca juga: Warehouse: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Apa Itu Pick Up

Pick up adalah sebuah layanan penjemputan barang yang disediakan oleh jasa ekspedisi kepada customer, untuk memudahkan mereka dalam menjalankan aktivitas pengiriman barang. Kurir dari ekspedisi akan menjemput barang customer ke alamat rumah dimana barang yang akan dikirimkan tersebut berada.

Klik Logistics menyediakan jasa layanan pick up yang dapat customer gunakan secara praktis, tanpa lagi repot-repot untuk keluar rumah. Anda hanya perlu menghubungi customer service kami yang fast respon untuk negosiasi dan menanyakan hal mendetail terkait pengiriman dengan jasa ekspedisi kami.

Apa Itu Drop Off

Berbeda dengan pick up, drop off adalah layanan pengiriman yang diantarkan oleh customer untuk diserahkan langsung ke jasa ekspedisi terdekat. Pilihan ini cocok untuk anda yang memiliki waktu luang atau fleksibel untuk bisa mengantarkan langsung kantor jasa ekspedisi.

Untuk layanan pengiriman dengan cara drop off di Klik Logistics, anda bisa langsung mendatangi kantor terdekat kami yang telah tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Perbedaan Pick Up Drop Off

Sebelum memilih opsi pengiriman pick up atau drop off, ada baiknya untuk anda mengetahui perbedaan keduanya. Berikut ini kami bahas perbedaan antara kedua layanan tersebut.

Proses Layanan Pick Up

Pada layanan pengiriman barang, tentunya layanan pick up memiliki beberapa perbedaan dengan layanan drop off, beserta kelebihannya masing-masing. Layanan pick up memiliki kelebihan dalam menghemat waktu biaya, karena waktu anda tidak akan terbuang untuk keluar mengantarkan barang. Anda hanya tinggal menyiapkan paket dan menunggu kurir dari jasa ekspedisi datang menjemput.

Kemudahan pengiriman dengan layanan pick up memudahkan customer yang ingin mengirimkan barang dengan jumlah yang banyak dan besar. Sehingga, anda tidak perlu pusing untuk memikirkan bagaimana caranya mengantarkan barang besar ke kantor kami.

Batas waktu pick up biasanya akan lebih cepat diproses dibandingkan dengan drop off. Layanan pick up akan dilakukan sesuai jadwal penjemputan, dan jika melewati batas waktu maka akan diproses pada hari selanjutnya.

Setelah barang diserahkan dan tim ekspedisi menimbang barang anda, customer kemudian akan mendapatkan nomor resi dan biaya yang harus dibayarkan, yang dikirimkan oleh customer service kami.

Proses Layanan Drop Off

Untuk layanan drop off, perbedaan yang terlihat tentunya ada pada saat proses penyerahan barang. Drop off adalah layanan yang mengharuskan customer untuk datang mengantarkan barang langsung ke kantor jasa ekspedisi terdekat.

Customer yang menggunakan layanan drop off nantinya akan mendapatkan nomor resi fisik yang diberikan oleh jasa ekspedisi, yang berguna untuk memudahkan anda dalam melacak status pengiriman barang.

Istilah lain yang berkaitan dengan drop off adalah drop off point. Drop off point adalah tempat atau lokasi untuk menurunkan paket, yang juga biasa disebut dengan titik pengiriman (check point). Drop off point merupakan sebutan lain dari kantor cabang ekspedisi yang berada di daerah-daerah lain, yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Di lokasi check point tersebutlah barang yang akan dikirim mengalami proses penyortiran, sebelum nantinya diantar ke alamat tujuan.

Baca juga: Jasa Kargo Murah Di Jabodetabek Bisa Antar Door To Door

Itulah penjelasan mengenai layanan pick up dan drop off, serta perbedaannya dalam kegiatan jasa pengiriman. Klik Logistics sebagai spesialis pengiriman barang besar dan banyak dengan tarif murah dan aman siap melayani anda dengan layanan pick up serta drop off, untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan aktivitas pengiriman.

Scroll to Top