Warehouse: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Warehouse atau gudang adalah suatu infrastruktur penunjang yang memiliki fungsi vital di dalam aktivitas ekspedisi barang. Maka tak heran, banyak dari pelaku jasa ekspedisi seakan berlomba untuk membangun fasilitas warehouse terbaik untuk menciptakan layanan ekspedisi yang berkualitas.

apa itu warehouse

Secara harfiah, yang dimaksud dengan apa itu warehouse adalah sebuah fasilitas tempat penyimpanan barang dengan beragam bentuk, mulai dari barang jadi, bahan setengah jadi hingga barang baku. Sehingga kehadiran warehouse dapat membantu jalannya operasional perusahaan Anda.

Namun, fungsi sebuah warehouse tak hanya sekedar tempat menyimpan barang saja, tapi warehouse juga erat kaitannya dalam aktivitas pergudangan lainnya seperti jasa ekspedisi barang.

Berdasarkan hal tersebut, kali ini kami akan membahas seputar apa itu warehouse, jenis dan fungsinya bagi jasa ekspedisi secara lebih dalam melalui uraian di bawah ini.

Baca juga: Kegunaan dan Jenis-Jenis Pallet Dalam Dunia Cargo

Pengertian Warehouse atau Gudang dalam Dunia Ekspedisi

Dalam dunia ekspedisi barang, yang dimaksud dengan apa itu warehouse adalah sebuah tempat untuk menyimpan barang yang ingin dikirimkan oleh pelanggan secara sementara sebelum dilakukan proses pengiriman barang.

Warehouse memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga keberlangsungan operasional dan menciptakan keuntungan bagi perusahaan layanan ekspedisi. Penggunaan warehouse juga dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi, karena perusahaan dapat melakukan manajemen penyimpanan barang yang maksimal sehingga, barang dapat disimpan secara teratur dan rapi sehingga memudahkan pekerja untuk mengambil barang nantinya.

Warehouse ekspedisi barang biasanya dilengkapi dengan ketersediaan fasilitas sistem informasi yang dapat memudahkan pengelolaan stok barang dan juga mengawasi proses pengiriman barang. Selain itu, gudang juga dilengkapi fasilitas pengepakan barang seperti Bubble Wrap, Kardus, plastik pembungkus, lakban hingga packing kayu, fasilitas ini berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap barang yang ingin dikirimkan.

Jenis-Jenis Warehouse

Dalam praktiknya Warehouse memiliki banyak jenis, dan setiap jenisnya memiliki fungsi yang berbeda pula. Sehingga perusahaan harus menyesuaikan pembangunan Warehouse mereka dengan kebutuhan operasional perusahaan. Berikut kami bagikan jenis-jenis warehouse yang diterapkan banyak perusahaan.

1. Gudang Logistik

Gudang logistik merupakan jenis gudang ekspedisi yang digunakan untuk menyimpan barang dalam jangka waktu yang singkat sebelum dikirimkan ke tempat tujuan akhir. Gudang ini biasanya dilengkapi dengan sistem pengelolaan stok dan pemindahan barang yang terintegrasi yang pastinya membuat layanan ekspedisi barang semakin berkualitas.

2. Gudang Distribusi

Gudang distribusi digunakan untuk menyimpan barang ataupun produk sebelum didistribusikan ke toko atau tempat penjualan. Gudang ini biasanya dilengkapi dengan sistem pengiriman yang terpadu dan dapat menjangkau banyak lokasi distributor.

3. Gudang Dingin

Gudang dingin digunakan untuk menyimpan barang yang memerlukan suhu yang rendah untuk menjaga kualitasnya, seperti makanan dan minuman. Gudang ini dilengkapi dengan pendingin yang dapat menjaga suhu tetap stabil. Gudang dingin juga sering digunakan untuk menyimpan bahan baku makanan seperti daging dagingan dan sayur sayuran.

4. Gudang Farmasi

Gudang farmasi digunakan untuk menyimpan obat-obatan dan bahan kimia yang memerlukan suhu yang khusus untuk menjaga kestabilan dan kualitasnya. Gudang ini biasanya dilengkapi dengan sistem pengaturan suhu yang terkontrol dan pengawasan ketat.

5. Gudang Barang Besar

Gudang barang besar digunakan untuk menyimpan barang dalam jumlah besar, seperti mesin atau bahan bangunan. Gudang ini biasanya dilengkapi dengan alat berat untuk memindahkan barang dan sistem penyimpanan yang kuat.

6. Gudang E-Commerce

Gudang e-commerce digunakan untuk menyimpan barang-barang yang dijual melalui platform e-commerce. Gudang ini biasanya dilengkapi dengan sistem pengolahan pesanan dan pengemasan barang yang cepat dan efisien sehingga barang yang dibeli pelanggan dapat didistribusikan dengan cepat.

Fungsi Warehouse

Warehouse memiliki peranan penting dalam mendukung aktivitas ekspedisi barang, hal ini dikarenakan gudang ekspedisi memiliki banyak fungsi yang membuat proses ekspedisi barang berjalan dengan lancar. Berikut adalah fungsi gudang pada jasa ekspedisi barang.

1. Sebagai Tempat Menerima Barang Transit

Salah satu fungsi warehouse pada operasional ekspedisi barang adalah menjadi tempat untuk melakukan transit barang dari satu wilayah menuju wilayah lainnya. Gudang yang dijadikan tempat transit harus memastikan seluruh barang di sortir dan disimpan dengan baik agar barang bisa sampai ke tempat yang sesuai.

2. Tempat Menyimpan Barang Sesuai Prosedur

Penyimpanan barang sebelum melakukan ekspedisi barang adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan. Jika penyimpanan barang  tidak dilakukan dengan rapi maka akan berimbas pada terlambatnya petugas ekspedisi untuk melakukan pengiriman barang terhadap konsumen.

3. Menjaga Keselamatan Barang

Di dalam dunia ekspedisi gudang juga memiliki fungsi sebagai tempat fasilitas packing barang, sehingga seluruh proses pengepakan barang juga akan dilangsungkan disana. Tenaga packing juga dikerahkan agar pengepakan barang dapat dijalankan dengan sempurna.

4. Mengoperasikan Administrasi Pergudangan

Dengan menjalankan administrasi pergudangan yang baik, maka manajemen keluar masuk barang akan dengan baik sehingga perusahaan dapat memantau aktivitas pergerakan barang dalam sebuah ekspedisi barang.

Mengenal Gudang Klik Logistics

Klik Logistics Merupakan Perusahaan layanan jasa ekspedisi spesialis pengiriman barang banyak dan besar dengan jangkauan pengiriman yang luas hingga seluruh Indonesia. Untuk mengakomodir layanan jasa kami, tentunya sebuah fasilitas gudang yang berkualitas bagi kami adalah sebuah keharusan.

Gudang ekspedisi Klik Logistics telah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap seperti fasilitas penyimpanan barang yang luas, sistem informasi untuk administrasi, personil Security dan Kamera CCTV fasilitas packing barang yang lengkap hingga fasilitas drop off barang yang luas.

Dengan segala keunggulan tersebut, Klaim bahwa Klik Logistics Adalah jasa ekspedisi spesialis Kirim barang banyak dan besar bukanlah isapan jempol belaka.

Bahkan dengan segala kelengkapan fasilitas penunjang operasional barang yang kami miliki, Klik logistics tetap memberikan Tarif yang ringan buat kantong Anda, hal ini pastinya membuat pengalaman ekspedisi barang bersama kami semakin tanpa beban.

Tidak berhenti sampai disitu, Klik Logistics juga selalu berkomitmen untuk menjaga keselamatan barang yang dikirimkan bersama kami dengan memberikan jaminan perlindungan asuransi jika hal yang tidak diinginkan terjadi pada barang Anda. Setelah seluruh penjelasan diatas tidak ada lagi Alasan buat Anda Untuk tidak mempercayakan Klik Logistics sebagai partner pengiriman barang Kargo Anda.

Baca juga: Fasilitas Logistik: Ini Dia Pengertian, Jenis, Beserta Manfaatnya!

Demikianlah segala penjelasan kami seputar apa itu warehouse, semoga informasi yang kami berikan kali ini semakin membuat Anda mengerti pentingnya sebuah warehouse di dalam dunia ekspedisi barang.

Scroll to Top