Apa Itu Distribusi Barang? Pengertian dan Fungsinya dalam Bisnis

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Distribusi adalah salah satu kegiatan yang sangat berperan penting dalam sebuah rantai ekonomi. Dengan kegiatan distribusi, sebuah perusahaan dapat dengan mudah menjangkau pelanggannya. Distribusi merupakan satu dari tiga kegiatan utama dalam kegiatan ekonomi, yakni dua lainnya adalah kegiatan produksi dan konsumsi.

apa itu distribusi

Produksi adalah sebuah kegiatan membuat atau menciptakan sebuah barang untuk kemudian dipasarkan ke khalayak umum. Pihak yang melakukannya disebut produsen. Sementara konsumsi adalah sebuah kegiatan menggunakan produk atau jasa yang telah dipasarkan oleh produsen. Pihak yang berhubungan dengan kegiatan konsumsi disebut sebagai konsumen. Lalu, apa itu distribusi? Simak penjelasannya pada uraian berikut ini.

Baca juga: Mengenal Istilah Cross Docking dalam Kegiatan Logistik

Pengertian Distribusi

Dalam konteks ekonomi, distribusi adalah sebuah proses penyaluran produk yang telah diproduksi oleh produsen kepada konsumen. Dengan kata lain, distribusi merupakan perantara dari dua kegiatan, yaitu kegiatan produksi dan konsumsi.

Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata distribusi adalah penyaluran kepada beberapa pihak atau ke beberapa tempat. Distribusi juga dapat diartikan sebagai kegiatan pembagian barang kebutuhan sehari-hari oleh pemerintah kepada pegawai negeri, penduduk, dan sebagainya.

Sementara itu menurut Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Ketentuan Umum Distribusi Barang, distribusi didefinisikan sebagai sebuah kegiatan penyaluran barang secara langsung atau tidak langsung kepada konsumen.

Dengan demikian, dapat dipahami bahwa distribusi memiliki peranan yang sangat vital dalam rantai ekonomi. Kegiatan tersebut merupakan hal yang sangat krusial agar perusahaan dan produsen mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

Sehingga dapat dibayangkan bila tanpa adanya kegiatan distribusi, produk yang dihasilkan perusahaan tentu tidak akan ada nilainya bila tidak sampai ke tangan konsumen.

Jenis-Jenis Distribusi

Secara umum, jenis-jenis distribusi terbagi menjadi lima, diantaranya:

Distribusi Barang Secara Langsung

Jenis distribusi barang secara langsung adalah kegiatan menyalurkan produk yang dilakukan secara langsung oleh produsen kepada konsumen. Artinya, produsen tidak menggunakan jasa pihak ketiga untuk memberikan produknya kepada konsumen.

Contoh distribusi secara langsung adalah yang dilakukan oleh para petani, nelayan, pedagang, dan para produsen lain yang menjual atau mendistribusikan produknya langsung kepada konsumen.

Distribusi Barang Secara Tidak Langsung

Ini adalah jenis distribusi yang dilakukan produsen melalui pihak ketiga. Dalam hal ini, produk akan diserahkan oleh produsen kepada perseorangan atau perusahaan distributor, sehingga tidak ada interaksi secara langsung antara perusahaan atau produsen dengan konsumen.

Contoh kegiatan dari jenis distribusi ini adalah perusahaan produk makanan ringan menyalurkan produknya melalui agen-agen toko kelontong.

Distribusi Barang Secara Intensif

Jenis distribusi barang selanjutnya adalah dilakukan secara intensif, yaitu kegiatan penyaluran produk kepada retail atau pada masa sekarang lebih banyak dikenal sebagai reseller.

Jadi, produsen atau perusahaan akan menjual hasil produksinya kepada retail. Kemudian, produk tersebut akan dijual kembali oleh retail tersebut. Biasanya, kegiatan distribusi secara intensif ini dilakukan oleh perusahaan yang memproduksi barang-barang laris di pasaran.

Distribusi Barang Secara Eksklusif

Jenis distribusi barang secara eksklusif adalah sebuah kegiatan penyaluran hasil produksi yang dilakukan sekaligus banyak, atau biasa disebut eceran.

Sebelum melakukan kegiatan ini, biasanya produsen dan pengecer akan melakukan kesepakatan terlebih dahulu terkait pembagian keuntungannya.

Lantas mengapa disebut distribusi eksklusif? Karena barang-barang yang didistribusikan biasanya adalah barang-barang eksklusif. Contohnya adalah kegiatan distribusi yang dilakukan oleh perusahaan produk telepon pintar.

Distribusi Barang Secara Selektif

Terakhir, ada jenis distribusi barang secara selektif, yaitu kegiatan penyaluran produk yang dilakukan hanya ke daerah-daerah tertentu saja. Umumnya, perusahaan akan menyalurkan produknya ke daerah-daerah yang tingkat keinginan untuk membelinya tinggi.

Salah satu contohnya adalah kegiatan distribusi yang dilakukan oleh perusahaan produk barang-barang branded yang menyalurkan produknya ke toko-toko eksklusif saja.

Fungsi Distribusi

Kegiatan distribusi memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut.

Sebagai Perantara antara Penjual dan Pembeli

Distribusi adalah kegiatan yang memperantarai antara penjual dan pembeli. Dengan kata lain, perusahaan memerlukan kegiatan distribusi agar dapat meraih keuntungan dari hasil jualan produknya.

Begitupun konsumen juga sangat memerlukan kegiatan distribusi agar bisa mendapatkan produk atau jasa yang dibutuhkannya.

Menjamin Seluruh Kegiatan Ekonomi

Dengan adanya distribusi, seluruh kegiatan ekonomi tentu akan terjamin.  Bayangkan jika tidak ada kegiatan distribusi, maka produsen dan konsumen tentu tidak akan bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Meningkatkan Nilai Jual Produk

Fungsi lain dari distribusi adalah untuk meningkatkan nilai jual suatu produk. Hasil produksi yang didistribusikan secara baik oleh perusahaan tentu akan menambah nilai jual produk tersebut. Semakin cepat proses penyalurannya, maka tingkat kepercayaan konsumen pun akan meningkat.

Baca juga: Fasilitas Logistik: Ini Dia Pengertian, Jenis, Beserta Manfaatnya!

Demikianlah informasi mengenai apa itu distribusi, jenisnya-jenis, dan fungsinya dalam kegiatan bisnis. Kami dari Klik Logistics menyediakan layanan pendistribusian barang atau produk ke seluruh wilayah Indonesia dengan harga yang terjangkau. Pengiriman bersama kami akan tercover asuransi dan dijamin cepat sampai karena akan dikirim menggunakan armada sendiri.

Selain itu, Anda juga akan dimanjakan dengan adanya fitur layanan pengiriman secara door to door yang akan membuat kegiatan distribusi produk menjadi lebih mudah dan praktis.

Jadi, tunggu apa lagi? Serahkan kegiatan distribusi produk Anda kepada Klik Logistics! Spesialis penyaluran barang banyak ke berbagai wilayah di Indonesia.

Scroll to Top