Towing: Pengertian, Jenis dan Fungsinya dalam Pengiriman Mobil

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Sebuah jasa ekspedisi yang memberikan layanan untuk pengiriman kendaraan beroda empat pastinya membutuhkan towing car untuk menjadi armada pilihan dalam pengiriman mobil ke berbagai daerah. Towing car dipilih karena dapat menampung pengiriman sebuah mobil dengan utuh sehingga mobil dapat naik ke bagian belakang armada dan memiliki daya jelajah yang tinggi, sehingga dapat memperlancar pengiriman mobil menuju daerah yang terbilang jauh sekalipun.

towing car

Namun pada prakteknya, masih banyak masyarakat luas yang salah kaprah dalam mengenali tentang apa itu towing sebenarnya. Kami melihat masih banyak dari mereka yang mengira bahwa towing car dan mobil derek adalah hal yang sama. Padahal secara spesifikasi dan fungsi kedua armada memiliki perbedaan yang cukup besar. Melihat hal tersebut, kali ini kami akan membahas dengan tuntas mengenai apa itu towing, jenis towing, fungsi towing hingga perbedaan towing dengan mobil derek pada artikel kali ini.

Baca juga: Jasa Pengiriman Mobil Antar Pulau Murah Dan Terpercaya

Pengertian Towing Car atau Mobil Towing

Secara harfiah yang dimaksud dengan towing adalah sebuah kegiatan pengangkutan kendaraan beroda empat atau mobil untuk kepentingan pengiriman dari satu daerah menuju daerah yang lain.

Namun istilah towing car dalam dunia ekspedisi kargo memiliki arti sebagai sebuah proses pengangkutan kendaraan mobil dengan menggunakan truk sebagai armada pengirimnya. Jadi singkatnya, towing adalah suatu truk yang dapat mengangkut berbagai macam jenis mobil di bagian belakangnya, demi aktifitas pengiriman mobil menuju daerah yang diinginkan.

Seperti yang dijelaskan pada paragraf awal artikel ini, towing car memiliki daya jelajah yang cukup tinggi sehingga memungkinkan sebuah jasa ekspedisi untuk mengirimkan kendaraan seperti mobil menuju daerah yang terbilang jauh sekalipun.

Untuk biaya, sebenarnya pengiriman mobil dengan menggunakan towing car memiliki tarif yang cukup bervariasi. Banyak faktor yang menentukan besarnya tarif pengiriman suatu mobil seperti durasi pengiriman yang diinginkan, jenis mobil yang dikirimkan, jarak pengiriman hingga ketersediaan armada menjadi hal yang menentukan dalam penerapan tarif pengiriman. Biasanya pihak jasa Ekspedisi juga akan meminta bukti surat kelengkapan kendaraan seperti, STNK ataupun BPKB sebagai bukti legalitas kendaraan yang akan dikirimkan.

Towing car sendiri juga menjadi prioritas dalam mengirimkan mobil yang sedang dalam keadaan darurat seperti kehabisan bensin, mesin mogok hingga banjir sehingga evakuasi kendaraan menjadi bisa terlaksana dengan aman dan nyaman. Terlebih di waktu mudik yang biasanya akan besar kemungkinan sebuah kendaraan untuk mengalami gangguan teknis ketika menempuh perjalanan yang jauh, hal tersebut pastinya membuat kebutuhan akan layanan towing car juga ikut meningkat.

Jenis Towing Car atau Mobil Towing

Untuk mengenal towing secara lebih mendalam, rasanya kami wajib memberikan informasi mengenai jenis-jenis mobil towing yang biasa digunakan para pelaku jasa ekspedisi untuk mengirimkan mobil ke seluruh daerah. Kendaraan towing ini memiliki spesifikasi hingga fungsi yang cukup berbeda sehingga harus disesuaikan dengan kebutuhan pengiriman kendaraan. Berikut adalah jenis-jenis towing car:

1. Flatbed Tow Trucks

Jenis kendaraan penarik yang paling umum digunakan untuk menarik mobil adalah flatbed tow truck. Kendaraan ini memiliki platform datar dan luas yang memungkinkan mobil yang rusak atau mogok untuk ditempatkan di atasnya dan diikat dengan tali pengikat untuk kemudian diangkut ke lokasi yang diinginkan.

2. Wheel-Lift Tow Trucks

Kendaraan ini juga sering digunakan untuk menarik mobil. Dalam hal ini, roda depan atau belakang kendaraan yang mogok atau rusak diangkat dari tanah oleh sebuah mekanisme berbentuk cangkir, sehingga mobil dapat diangkut dengan aman ke lokasi yang diinginkan.

3. Hydraulic Towing Car

Kendaraan penarik yang satu ini memanfaatkan sistem kerja hidrolik untuk dapat menurunkan bak ketitik terendah, sehingga mobil dapat naik ke atas bak dengan lebih mudah. Jika posisi mobil telah sesuai, bak angkut akan kembali terangkat dengan otomatis dengan memanfaatkan sistem hidrolik. Penggunaan kendaraan towing jenis ini biasa digunakkan untuk mengangkut kendaraan kelas premium seperti sedan yang biasanya memiliki ground clearance yang rendah, sehingga resiko bagian tergesek dengan bak angkut semakin diminimalisir.

4. Mobil Towing Gendong

Mobil Towing yang satu ini banyak digunakan oleh dealer mobil ataupun pihak showroom untuk mengirimkan mobil menuju rumah si pembeli. Pada dasarnya, mobil towing gendong memiliki konsep yang serupa dengan jenis mobil towing lainnya. Hanya saja terdapat sedikit perbedaan sistem pengangkutan mobil yang menggunakan 2 bidang miring untuk menaikkan mobil ke atas bak.

Fungsi Towing Car

Sebuah kendaraan towing tak hanya sekedar menjadi armada transportasi untuk mengangkut kendaraan seperti mobil belaka, namun banyak fungsi towing lainnya yang tak kalah pentingnya seperti:

1. Membantu Kendaraan yang Mogok atau Rusak

Di dalam kondisi darurat, mobil towing biasa digunakan untuk menarik kendaraan yang mogok atau rusak ke bengkel atau tempat perbaikan. Maka dari itu biasanya pihak layanan jasa towing biasa stand by di daerah dengan lalu lintas kendaraan mobil yang tinggi seperti jalur tol.

2. Membantu dalam Pengiriman Mobil

Mobil towing digunakan dalam pengiriman berbagai macam mobil yang besar, seperti mobil balap, mobil klasik, dan mobil mewah. Jarak pengiriman pun sangat bervariasi bisa antar dalam kota hingga keluar daerah sekalipun towing car siap untuk mengirimkan mobil kesayangan kamu.

3. Layanan Darurat

Terkadang kejadian nahas seperti kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan seperti mobil sering sekali terjadi. Mobil towing akhirnya akan digunakan sebagai layanan darurat untuk mengevakuasi kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan atau kebakaran di jalan raya.

4. Membantu dalam Operasional Konstruksi

Fungsi terakhir dari towing adalah membantu dalam kegiatan operasional konstruksi. Mobil towing dapat digunakan dalam operasi konstruksi untuk menarik atau memindahkan peralatan berat dan kendaraan.

Perbedaan Antara Towing dan Mobil Derek

Ditengah masyarakat masih banyak kesalahpahaman mengenai perbedaan antara towing dan mobil derek. Hal ini sebenarnya dapat dipahami karena secara fungsional, perbedaan antara towing dan juga mobil derek dapat dikatakan cukup minimal. Berikut kami sudah menyusun perbedaan towing dan mobil derek.

1. Metode Pengangkutan

Perbedaan pertama antara mobil towing dan mobil derek terletak pada metode pengangkutan mobil.  Mobil towing memiliki bak pengakut yang dapat dinaik dan turunkan untuk meletakkan mobil pada posisi bak, sehingga mobil akan diangkut dalam kondisi yang utuh di atas bak truk.

Sedangkan Mobil derek akan menggunakan peralatan seperti towing strap ataupun towing hook untuk mengaitkan sisi depan maupun belakang mobil dengan truk derek, sehingga hanya akan dua roda pada mobil yang diderek yang akan tetap menyentuh tanah, karena dua ban selanjutnya akan terangkat.

2. Jenis Kendaraan yang Diangkut

Penggunaan Mobil derek biasanya akan berkutat pada penarikan kendaraan dengan bobot yang besar seperti Truk hingga bus sekalipun. Hal ini dikarenakan kinerja katrol dalam sebuah mobil derek dapat membantu penarikan kendaraan dengan bobot yang besar sekalipun.

Sedangkan mobil towing difungsikan untuk mengangkut kendaraan yang tidak terlalu besar seperti mobil ataupun alat berat ringan. Hal ini dikarenakan kemampuan tampungan muatan dari mobil towing yang cukup terbatas, yang biasanya hanya bisa menampung satu unit kendaraaan saja.

3. Bentuk yang Berbeda

Perbedaan selanjutnya datang dari bentuk visual yang berbeda, mobil towing memiliki bak dengan ruang yang lapang pada bagian belakangnya. Ruang ini difungsikan untuk penempatan kendaraan yang di towing.

Sedangkan pada mobil derek tidak memiliki bak ruang di belakangnya, melainkan alat katrol yang berfungsi untuk menarik mobil yang ingin dikirimkan.

Kirim Mobil Aman dan Murah Hanya Dengan Klik Logistics

Anda Menginginkan pengiriman Mobil dengan Tarif yang terjangkau, Aman dan dijamin tanpa Beban? Serahkan saja pada Jasa Ekspedisi Terbaik Klik Logistics! Kami merupakan perusahaan layanan Jasa Ekspedisi yang memiliki spesialisasi dalam pengiriman barang banyak dan besar dengan jangkauan yang luas hingga ke seluruh daerah di Indonesia.

Dengan pengalaman kami dalam melakukan pengiriman dengan skala kargo, pastinya kami juga telah ahli dalam melakukan pengiriman segala jenis mobil, mulai dari sedan, Jeep,mobil keluarga hingga ambulan dapat kami kirimkan dengan aman dan terjangkau pastinya buat kantong Anda.

Kami memiliki armada pengiriman mobil yang lengkap seperti mobil towing dan juga mobil derek. Bahkan untuk kami dapat mengirimkan mobil Anda melalui kontainer jika perjalanan melalui jalur laut dibutuhkan.

Jika Anda Tertarik untuk mengirimkan mobil kesayangan Anda bersama kami, segera kunjungi laman website resmi kami di www.kliklogistics.co.id untuk mengetahui tarif dan layanan yang lebih lanjut. Kirim Mobil dijamin aman bersama Klik Logistics!

Baca juga: Apa Itu Trucking? Pengertian Dan Keuntungannya Bagi Kegiatan Logistik

Demikianlah artikel dari kami yang membahas mengenai apa itu towing beserta jenis dan manfaatnya, tak hanya dari perspektif jasa ekspedisi namun juga secara lebih luas.

Scroll to Top