Inilah Daftar 7 Perusahaan Pelayaran Terbesar di Indonesia

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Indonesia adalah negara maritim yang memiliki wilayah laut dengan luas 3,25 juta KM2. Dengan luas tersebut membuat Indonesia memiliki aktivitas pelayaran yang cukup sibuk mulai dari transportasi penumpang hingga aktivitas pengiriman Cargo antar pulau.

Otoritas yang menjalankan segala aktivitas pelayaran di wilayah laut Indonesia adalah perusahaan pelayaran yang telah memiliki izin pemerintah untuk berlayar di kawasan laut negara. Perusahaan pelayaran ini biasanya berfokus pada pelayanan bisnis logistik seperti pengiriman barang dengan muatan yang besar. Perusahaan pelayaran biasanya juga memberikan jasa moda transportasi bagi penumpang komersil yang ingin melakukan perjalanan antar pulau yang ada di Indonesia.

perusahaan pelayaran di indonesia

Perusahaan pelayaran memiliki sumbangsih besar dalam mendukung kegiatan operasional pengiriman barang, karena faktanya 90% pengiriman barang dari seluruh dunia dilakukan di jalur laut, maka tak heran jasa pelayaran memiliki peran yang sangat vital bagi pergerakkan industri global. Bahkan perdagangan internasional seperti ekspor maupun impor tidak akan berjalan jika tidak menggunakan jasa pelayaran.

Kini di Indonesia telah terdapat banyak sekali perusahaan pelayaran yang melayani segala jenis aktivitas pelayaran laut. Maka dari itu, kami kali ini akan memberikan sejarah dan daftar perusahaan pelayaran yang beroperasi di wilayah laut negara kita.

Baca juga: Jasa pengiriman barang via kapal laut

Sejarah Perusahaan Pelayaran di Indonesia

Napak tilas sejarah perusahaan pelayaran di Indonesia dimulai pada zaman kolonial Belanda, perusahaan pelayaran di Indonesia dikuasai oleh perusahaan-perusahaan Belanda seperti Koninklijke Paketvaart-Maatschappij (KPM), Koninklijke Nederlandsche Stoomboot Maatschappij (KNSM), dan Rotterdamsche Lloyd. Perusahaan pelayaran Belanda ini mengoperasikan armada kapal-kapal uap dan bertanggung jawab atas perdagangan barang di seluruh wilayah Nusantara.

Setelah Indonesia Merdeka, pada tahun 1950, Pemerintah Indonesia mendirikan Perusahaan Pelayaran Nasional Indonesia (PPNI) yang dianggap sebagai cikal bakal hadirnya perusahaan pelayaran nasional pertama di Indonesia. PPNI memiliki tanggung  jawab atas pengelolaan armada kapal Indonesia dan perdagangan domestik serta internasional.

Pada tahun 1961, Pemerintah Indonesia mendirikan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) sebagai perusahaan pelayaran nasional yang lebih ditingkatkan menjadi lebih besar dan komprehensif. Pelni memiliki tugas untuk mengoperasikan kapal-kapal penumpang dan kargo yang menghubungkan pulau-pulau di Indonesia, serta melayani rute internasional ke negara-negara tetangga.

Setelah hadirnya perusahaan pelayaran nasional seperti PPNI dan Pelni, beberapa perusahaan pelayaran swasta juga menjamuri kegiatan pelayaran di Indonesia, seperti PT Pelayaran Tempuran Emas Tbk, PT Pelayaran Tanto Intim Line, dan PT Samudera Indonesia Tbk. Perusahaan-perusahaan ini mengoperasikan kapal-kapal kargo dan kontainer yang menghubungkan pelabuhan-pelabuhan di Indonesia dengan pelabuhan-pelabuhan di seluruh dunia.

Seiring dengan masifnya perkembangan teknologi perkapalan, kini perusahaan pelayaran di Indonesia juga mulai menggunakan armada kapal lebih modern yang lebih besar dan efisien. Beberapa perusahaan pelayaran di Indonesia juga terus berinovasi dalam penggunaan teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pelayanan kepada pelanggan.

7 Perusahaan Pelayaran di Indonesia yang Paling Terbesar

Perusahaan pelayaran adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang transportasi laut, baik untuk angkutan kargo maupun penumpang. Indonesia adalah negara kepulauan yang pastinya memiliki wilayah perairan yang sangat luas, maka tak heran kebutuhan akan jasa pelayaran sangat esensial untuk pelaku bisnis dan juga masyarakat. Berikut adalah daftar perusahaan pelayaran terbesar di Indonesia.

1. PT Pelni

PT Pelayaran Nasional Indonesia atau sering disingkat PT Pelni adalah salah satu perusahaan pelayaran terbesar dan tertua yang indonesia miliki. Pada masa awal perusahaan ini berdiri, pelni memiliki fungsi ganda yaitu melayani jasa angkutan penumpang komersial dan muatan barang secara bersamaan menuju berbagai daerah antarpulau.

Kini PT Pelni memiliki segmen layanan yang terpisah antara angkutan penumpang dan muatan barang, akan tetapi dengan semakin banyaknya opsi moda transportasi antarpulau, membuat kebutuhan perjalanan kapal angkutan penumpang cukup menurun. Lain hal dengan angkutan muatan barang yang justru menjadi ujung tombak layanan yang diberikan oleh PT Pelni, hal ini dikarenakan kebutuhan ekspedisi barang antarpulau yang sangat dibutuhkan, apalagi dengan hadirnya sistem tol laut membuat ekspedisi menggunakan via laut bisa berjalan lebih cepat.

PT Pelni memiliki 26 kapal penumpang, 6 kapal barang tol laut, 1 kapal ternak dan 46 kapal perintis yang melayani rute komersial dan juga pelayaran menuju pulau kecil terluar yang berada di indonesia. Kapal pelni juga berlabuh pada 95 pelabuhan kapal penumpang komersial dan 300 pelabuhan kapal perintis. Maka bisa dibilang saat ini PT Pelni adalah perusahaan pelayaran terbesar yang beroperasi di Indonesia.

Baca juga: Mengenal PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI): Profil dan Sejarahnya

2. PT ASDP Indonesia Ferry

PT ASDP Indonesia Ferry adalah perusahaan BUMN yang bergerak pada pelayanan kapal penyeberangan dan pengelola pelabuhan penyeberangan yang ada di Indonesia. Mereka melayani operasional kapal penyeberangan yang dapat menampung penumpang, berbagai jenis kendaraan hingga muatan barang.

PT ASDP Indonesia Ferry memiliki fungsi utama sebagai penyedia moda transportasi penyeberangan antarpulau sehingga membantu menghubungkan jalur lintas antar pulau yang terpisah oleh laut. Mereka juga menyediakan akses transportasi publik bagi wilayah antarpulau yang belum terkoneksi.

Perusahaan pelayaran seperti ASDP sangat dibutuhkan pelaku Ekspedisi barang untuk menyeberangkan armada pengiriman mereka menuju pulau tertentu.

3. PT Temas

PT Pelayaran Tempuran Emas adalah sebuah perusahaan pelayaran swasta yang berbasis di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1995 dan telah menjadi salah satu perusahaan pelayaran terkemuka di Indonesia.

PT temas adalah perusahaan yang menawarkan berbagai jenis layanan pelayaran, seperti pengangkutan kargo, pengiriman barang, dan sewa kapal. Perusahaan ini memiliki armada kapal yang besar dan modern, sehingga mampu memenuhi kebutuhan pengiriman barang dengan muatan besar yang dibutuhkan pelanggan.

Perusahaan pelayaran yang satu ini juga memperhatikan kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan. Perusahaan ini memiliki staf yang terlatih dan berpengalaman dalam bidang pelayaran, sehingga mampu memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan logistik dan pengiriman barang pelanggan.

4. PT Samudera Indonesia

PT Samudera Indonesia adalah perusahaan jasa yang bergerak pada moda Transportasi kargo dan logistik yang berdiri sejak. Perusahaan pelayaran swasta ini memiliki 4 layanan utama yaitu Samudera Logistics, Samudera Shipping, Samudera Property, Samudera Ports yang bisa dinikmati para pelanggan.

Samudera Indonesia memiliki 4000 karyawan yang tersebar pada 40 anak perusahaan di indonesia dan asia. Dengan banyaknya sumber daya manusia yang mereka miliki bertujuan untuk memberikan pelayanan dalam operasional ekspedisi barang. Layanan shipping samudera indonesia terdiri dari armada Bulk, Tanker, Peti Kemas dan juga offshore

5. PT Sillo Maritime Perdana

PT Sillo Maritime Perdana adalah perusahaan pelayaran yang menawarkan berbagai jenis layanan pelayaran, seperti Angkutan kargo, pengiriman barang, dan sewa kapal. Perusahaan ini memiliki armada kapal yang besar dan modern yang cocok untuk menyokong, sehingga mampu memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik.

Dalam rangka meningkatkan daya saingnya, PT Sillo Maritime Perdana terus melakukan peningkatan dan perbaikan dalam semua aspek operasionalnya. Perusahaan ini juga berinvestasi dalam teknologi pelayaran yang modern untuk memastikan kapal-kapalnya selalu dapat berlayar dengan optimal.

6. PT Meratus Line

PT Meratus Line adalah perusahaan pelayaran Indonesia yang didirikan pada tahun 1957 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Perusahaan ini menyediakan berbagai jenis layanan pengiriman barang, termasuk angkutan kargo laut dan darat, serta jasa logistik.

Sebagai salah satu perusahaan pelayaran terkemuka di Indonesia, PT Meratus Line memiliki armada kapal yang besar dan modern, dengan berbagai jenis kapal yang dapat digunakan untuk mengangkut berbagai jenis kargo, seperti kontainer, bahan kimia, minyak dan gas, serta kargo proyek. Perusahaan ini juga memiliki jaringan kantor cabang dan agen di berbagai kota di Indonesia, serta di beberapa negara lainnya, seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Vietnam.

7. Cosco Shipping Lines Indonesia

COSCO Shipping Line Indonesia adalah bagian dari COSCO Shipping Lines Co., Ltd., sebuah perusahaan pelayaran global yang berkantor pusat di Shanghai, Tiongkok. COSCO Shipping Line Indonesia menyediakan layanan pengiriman dan logistik di Indonesia, dengan jaringan yang luas dan terintegrasi di seluruh wilayah Indonesia.

Perusahaan ini menyediakan berbagai jenis layanan pengiriman, termasuk pengiriman kontainer, pengangkutan peti kemas, pengiriman barang berbahaya, pengiriman barang curah, dan jasa logistik. Perusahaan ini memiliki armada kapal yang besar dan modern, dengan berbagai jenis kapal yang dapat digunakan untuk mengangkut berbagai jenis kargo, seperti kontainer, bahan kimia, minyak dan gas, serta kargo proyek.

Perusahaan pelayaran yang satu ini memiliki kantor pusat di Jakarta, dan memiliki kantor cabang di berbagai kota di seluruh Indonesia, termasuk Surabaya, Semarang, Makassar, dan Balikpapan. Selain itu, perusahaan ini juga memiliki jaringan agen yang luas, sehingga dapat memberikan layanan pengiriman dan logistik yang lebih luas dan terintegrasi di seluruh Indonesia.

Baca juga: Ekspedisi kapal laut dengan kapal cargo, kapal lct, kapal roro atau kapal cepat biaya murah

Demikianlah penjelasan kami seputar Perusahaan pelayaran yang merupakan elemen yang dibutuhkan oleh setiap jasa Ekspedisi Barang seperti Klik Logistics yang merupakan jasa layanan pengiriman barang yang memiliki spesialisasi pada pengiriman barang banyak dan besar. Bersama Klik Logistics Anda akan mendapatkan pelayanan pengiriman barang yang dijamin tanpa beban karena kami memiliki tarif pengiriman yang murah.

Tak hanya sekedar memberikan harga yang murah kami juga memberikan jaminan keselamatan barang dengan Asuransi. Kami melayani beberapa rute pengiriman seperti:

  1. Ekspedisi Jakarta Kupang
  2. Ekspedisi Jakarta Ambon
  3. Ekspedisi Jakarta Makassar
  4. Ekspedisi Jakarta Surabaya
  5. Ekspedisi Jakarta Ternate
  6. Ekspedisi Jakarta Manado
  7. Ekspedisi Jakarta Batam
  8. Ekspedisi Jakarta Lampung
  9. Ekspedisi Jakarta Palembang
  10. Ekspedisi Jakarta Tarakan

Jadi percayakan pengiriman barang banyak dan besar hanya bersama kami Klik Logistics dengan mengunjungi halaman website www.kliklogistics.co.id.

Scroll to Top