Mengenal PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI): Profil dan Sejarahnya

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Untuk menjangkau seluruh pulau di Indonesia, pada tahun 1952 pemerintah Indonesia membentuk sebuah perusahaan yang bergerak di jasa transportasi laut dengan nama PT Pelayaran Nasional Indonesia atau biasa disingkat PT PELNI.

Tujuan dibentuknya PT PELNI adalah untuk mempermudah akses masyarakat dalam bepergian ataupun mengirim barang ke luar pulau. Supaya mengetahui lebih dalam, yuk kita kenalan sama perusahaan milik negara yang satu ini!

Baca juga: Jasa Pengiriman Barang Kapal Cepat Pelni Murah Di Jakarta

Profil PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI)

PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang penyedia jasa transportasi laut. Berdiri pada 28 April 1952 melalui Surat Keputusan Menteri Perhubungan No. M2/1/2 tanggal 28 April 1952, perusahaan ini beroperasi menyediakan transportasi laut berupa armada kapal penumpang, kapal ferry, dan kapal cargo.

pelayaran nasional indonesia

Dilansir melalui laman resminya, PT Pelayaran Nasional Indonesia melayani rute pelayaran domestik dan menyinggahi lebih dari 90 pelabuhan di seluruh Indonesia. Perusahaan ini memiliki fasilitas dan layanan yang dirancang untuk menjamin standar keselamatan dan kenyamanan pelanggan dan kru, serta didukung dengan sumber daya manusia yang profesional dan terlatih.

Seiring berjalannya waktu dan beragamnya kebutuhan masyarakat, PT PELNI kini tidak hanya melayani keperluan penggunaan transportasi laut, melainkan juga mengoperasikan 8 (delapan) kapal yang melayani pengangkutan kontainer berisi bahan makanan pokok ataupun bahan bangunan untuk keperluan pembangunan infrastruktur.

Kapal-kapal tersebut merupakan Kapal Tol Laut yang dioperasikan berdasarkan Program Tol Laut yang dijalankan Pemerintah Indonesia. Dengan demikian, PT PELNI kini menjadi perusahaan yang melayani segala jenis keperluan melalui transportasi laut, mulai dari bepergian dari satu pulau ke pulau yang lain, hingga keperluan mengirim barang-barang besar dan banyak.

Sejarah PT Pelayaran Nasional Indonesia

Awal mula berdirinya PT Pelayaran Nasional Indonesia sebenarnya dimulai pada tahun 1950, tepatnya di tanggal 5 September 1950 ketika Menteri Perhubungan dan Menteri Pekerjaan Umum mendirikan Yayasan Penguasaan Pusat Kapal-Kapal (PEPUSKA).

PEPUSKA berdiri dengan dilatarbelakangi oleh penolakan pemerintah Belanda terhadap permintaan Indonesia yang ingin mengubah status maskapai pelayaran Belanda di Indonesia, N.V. K.P.M (Koninklijke Paketvaart Maatschappij) menjadi berbentuk Perseroan Terbatas (PT).

Dengan bermodalkan delapan kapal bertonase 4.800 DWT (death weight ton), PEPUSKA berusaha menyaingi armada KPM milik Belanda yang telah berlayar selama lebih dari setengah abad.

Persaingan ini pun tidak seimbang. Selain karena KPM telah berpengalaman di bidang pelayaran, juga karena jumlah armadanya yang sangat banyak dan telah memonopoli semua kontrak yang dimilikinya.

Akhirnya, pada tanggal 28 April 1952 PEPUSKA resmi bubar dan berdirilah PT Pelayaran Nasional Indonesia melalui SK Menteri Perhubungan Nomor M.2/1/2 tertanggal 28 April 1952 dan SK Nomor A.2/1/2 tertanggal 19 April 1952, serta Berita Negara Republik Indonesia Nomor 50 tertanggal 20 Juni 1952.

Delapan unit kapal yang dimiliki PEPUSKA kemudian diberikan kepada PT PELNI. Lalu karena dianggap belum mencukupi untuk melayani rute pelayaran, Bank Ekspor Impor memutuskan menyediakan dana untuk memesan 45 coaster dari Eropa Barat sebagai armada tambahan.

Sembari menunggu pesaran coaster dari Eropa datang, PT PELNI mencarter kapal-kapal asing yang beroperasi di Indonesia. Tujuannya agar dapat mengisi beberapa trayek yang ditinggalkan KPM.

Setelah coaster yang dipesan datang dari Eropa, satu persatu kapal yang dicarter itu pun kemudian diganti dan ditambah dengan kapal-kapal hasil pampasan dari Jepang.

PT PELNI sempat mengalami dua kali perubahan status. Pada tahun 1961, Pemerintah Indonesia merubah status perusahaan dari Perusahaan Perseroan menjadi Perusahaan Negara (PN) dan disahkan dalam Lembaran Negara RI No. LN 1961.

Selanjutnya pada tahun 1975, perusahaan kembali berstatus menjadi Perseroan Terbatas (PT) dan disahkan melalui Akte Pendirian No. 31 tertanggal 30 Oktober 1975. Perubahan ini kemudian dimasukkan ke dalam Berita Negara RI No. 562-1976 dan Tambahan Berita Negara RI No. 60 tertanggal 27 Juni 1976.

Visi dan Misi PT Pelayaran Nasional Indonesia

Berikut adalah visi dan misi PT Pelayaran Nasional Indonesia yang dikutip dari laman resminya.

Visi PT PELNI

Menjadi Perusahaan Pelayaran dan Logistik Maritim Terkemuka di Asia Tenggara

Misi PT PELNI

  1. Menjamin aksesibilitas masyarakat dengan mengelola angkutan laut untuk menunjang terwujudnya Wawasan Nusantara.
  2. Mengelola dan mengembangkan usaha logistik maritim di Indonesia dan Asia Tenggara.
  3. Meningkatkan nilai perusahaan melalui kreativitas, inovasi, digitalisasi proses bisnis, dan pengembangan sumber daya manusia untuk mencapai pertumbuhan yang berkesinambungan.
  4. Menjalankan usaha secara adil dengan memperhatikan asas manfaat bagi semua pemangku kepentingan dengan menerapkan prinsip good corporate governance.
  5. Berkontribusi positif terhadap negara dan karyawan, serta berperan aktif dalam pembangunan lingkungan dan pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga: Pengertian Layanan Port to Port dan Door to Door

Kerja Sama Klik Logistics dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia

Klik Logistics adalah vendor layanan pengiriman cargo yang menyediakan layanan pengiriman via darat, laut, dan udara. Untuk pengiriman via laut kami telah bekerja sama dengan PT PELNI.

Hal ini kami lakukan untuk dapat memadai segala jenis pengiriman barang ke berbagai daerah di Indonesia melalui jalur laut, mulai dari pengiriman kendaraan, pengiriman furniture, hingga pengiriman alat berat sekalipun.

Tarif pengiriman cargo melalui jalur laut bersama Klik Logistics dijamin yang termurah. Jadi, teruntuk Anda yang berkeperluan mengirim barang besar dan banyak ke luar pulau, pastikan memilih kami sebagai vendor. Info lengkapnya silahkan hubungi tim marketing kami melalui kontak yang tertera, ya!

Mau ekspedisi barang lewat jalur laut? Pake jasa Klik Logistics aja, selain telah bekerja sama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia juga dijamin murah dan tanpa beban!

Scroll to Top