Apa Itu Transit dalam Proses Pengiriman Barang? Ini Dia Penjelasannya!

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Kamu pasti sering melihat informasi “barang sedang transit di ….” atau “barang sudah berangkat dari transit ….. “ saat melakukan pengiriman barang.

Informasi tersebut pada dasarnya bertujuan untuk memberitahu mengenai status barang ekspedisi. Lalu, apa itu transit dalam status pengiriman barang? simak penjelasannya berikut ini!

apa itu transit

Apa Itu Transit?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata transit adalah sebuah tempat singgah atau bisa juga diartikan sebagai lintasan barang dagangan.

Sedangkan dalam konteks pengiriman barang, transit adalah sebuah status di mana barang telah sampai di tempat singgah sementara sebelum diantar menuju kota tujuan. Biasanya, tempat singgah ini adalah sebuah gudang yang lokasinya dekat dengan alamat tujuan.

Proses transit dalam pengiriman barang dilakukan untuk mengelompokkan barang berdasarkan lokasi tujuan atau biasa disebut sortir. Cara ini supaya memudahkan kurir dalam mengantar barang ke alamat pengiriman agar jarak lokasi pengantaran paket satu dengan paket lainnya tidak berjauhan.

Baca juga: 7 Cara Memilih Perusahaan Jasa Pengiriman Yang Murah Dan Terpercaya

Berapa Lama Proses Sortir di Gudang Transit?

Proses pengelompokkan barang atau sortir di gudang transit biasanya memakan waktu selama satu hari. Misalnya, barang telah sampai di gudang transit pada hari Selasa, maka barang akan diantar ke lokasi tujuan pada hari Rabu.

Namun untuk ekspedisi barang yang sifatnya besar dan banyak atau biasa disebut pengiriman cargo, proses pengelompokkan di gudang transit akan memakan waktu lebih lama.

Hal ini karena penyedia jasa ekspedisi perlu mengemas barang terlebih dahulu dan menyiapkan armada transportasi yang akan digunakan untuk mengirimnya. Salah satu contohnya adalah ekspedisi Surabaya Kupang yang bisa memakan waktu transit selama 3-5 hari.

Alur Pengiriman Barang yang Melalui Gudang Transit

Umumnya, setiap jasa ekspedisi atau pengiriman barang memiliki gudang transit yang tersebar di banyak wilayah. Supaya lebih jelas mengenai alur pengiriman barang sebelum dan sesudah dari gudang transit, berikut kami sajikan informasi detail mengenai proses pengiriman barang yang melalui gudang transit.

1.   Barang diserahkan ke pihak penyedia jasa ekspedisi

Alur pertama dari proses transit adalah penyerahan barang ke penyedia jasa ekspedisi. Ini adalah langkah awal dalam proses pengiriman barang sebelum sampai gudang transit. Pengirim atau penjual biasanya akan mengemas barang terlebih dahulu sebelum diserahkan ke pihak penyedia jasa ekspedisi. Hal ini supaya barang tetap aman saat dalam proses pengiriman.

2.   Penyedia jasa ekspedisi mengirim barang ke kota tujuan

Barang yang telah diproses akan diangkut oleh truk ekspedisi menuju gudang transit kota asal. Pengangkutan biasanya dilakukan pada sore atau malam hari setelah seluruh barang pada hari tersebut telah terkumpul.

3.   Barang sampai di gudang transit kota asal

Di gudang transit kota asal, barang akan dikelompokkan berdasarkan kota tujuan pengiriman. Sehingga setelah dari gudang transit kota asal, barang akan langsung dikirim ke kota tujuan menggunakan armada transportasi yang sesuai dengan layanan pengiriman yang dipilih pengirim.

4.   Barang dikirim ke kota tujuan

Lama proses pengiriman barang dari gudang transit kota asal ke kota tujuan bergantung pada jarak antar kotanya dan jenis barang yang dikirim. Semakin dekat jaraknya dan semakin ringan bobot barangnya, maka akan semakin cepat prosesnya.

Sebagai contoh, lama proses pengiriman barang berjenis pakaian dari gudang transit kota asal ke kota tujuan di wilayah jabodetabek biasanya akan memakan waktu selama satu hari.

Jadi jika ditotal sejak barang pakaian diserahkan ke pihak penyedia jasa ekspedisi sampai barang diterima, proses ekspedisi antar kota di wilayah jabodetabek memakan waktu 3-4 hari.

5.   Barang sampai di gudang transit kota tujuan

Sebelum diantar ke alamat tujuan, barang akan terlebih dahulu disortir di gudang transit kota tujuan. Di sini, barang akan kembali dikelompokkan berdasarkan alamat, kelurahan, dan kecamatannya.

6.   Barang diantar ke alamat penerima

Setelah dikelompokkan, barulah barang diantar oleh kurir menuju alamat penerima dan proses pengiriman barang pun selesai.

Status Barang Transit di Klik Logistics

Barang yang statusnya sedang transit di gudang Klik Logistics akan tertulis “In Transit” jika dicek melalui laman pengecekan status barang.

Pengecekan status pengiriman barang di Klik Logistics dapat diakses melalui fitur “cek resi” yang ada di laman web kami. Pengirim atau penerima dapat dengan mudah mengecek status barang apakah sedang dikirim atau masih berada di gudang transit, karena kami memiliki sistem komputerisasi yang sangat mendukung untuk melacak barang-barang ekspedisi.

Cek status barang di Klik Logistics dapat dengan mudah dilakukan dengan cukup memasukkan nomor resi pengiriman di laman web kami. Nantinya, akan muncul informasi mengenai status keberadaan barang kiriman.

Selain info barang transit, kami juga menginfokan status-status lainnya. Berikut adalah contoh informasi yang tertera bila mengecek status barang di laman web Klik Logistics

  • Cancel, yaitu barang tidak jadi dikirim karena suatu hal.
  • On Hold, yaitu bisa karena barang ditahan, customer belum melakukan pembayaran, atau ada barang tambahan yang ingin dikirim.
  • Delivered, yaitu barang sudah diterima oleh penerima.
  • In Transit, yaitu barang sedang transit di area tujuan.
  • Manifested, yaitu barang sedang dalam proses pengiriman atau sedang dimuat.
  • Pending, yaitu posisi barang masih berada di gudang ekspedisi.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Nomor Resi, Fungsi, dan Cara Cek Resi di Klik Logistics

Nah, itulah tadi penjelasan lengkap mengenai apa itu transit, berapa lama proses transit, dan status barang transit di Klik Logistics. Jika Anda ingin mengirim barang yang jumlahnya banyak dan besar, kami menyediakan layanan jasa pengiriman cargo dari dan ke berbagai wilayah di Indonesia.

Anda tidak perlu khawatir mengenai besaran biaya yang kami tawarkan, karena dijamin sangat murah. Klik Logistics adalah penyedia jasa ekspedisi yang telah dipercaya bertahun-tahun sebagai yang termurah.

Bersama kami, pengiriman akan terasa jauh lebih mudah karena kami punya fitur layanan pengiriman secara door to door. Selain itu, barang ekspedisi juga akan tercover asuransi dari perusahaan ternama yang telah bekerja sama dengan kami.

So, pastikan Anda menggunakan jasa Klik Logistics untuk keperluan mengirim barang banyak dan besar. Info lengkap dan konsultasi pengiriman silahkan hubungi tim marketing kami melalui kontak narahubung yang tertera.

Scroll to Top