Pengertian Layanan Port to Port dan Door to Door

Jika anda sering mengirimkan barang menggunakan jasa ekspedisi cargo pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah port to port dan door to door. Kedua layanan itu biasa di terapkan oleh sebuah perusahaan jasa pengiriman barang, khususnya barang bertonase besar dan jumlah banyak. Bagi anda yang masih belum paham mengenai kedua layanan tersebut, akan kami jelaskan dalam artikel ini. Sudah menjadi hal lumrah sebuah jasa ekspedisi memberikan service terbaik untuk memanjakan para konsumen. Karena kepuasan konsumen itu adalah nomor satu bagi perusahaan ekspedisi. Maka dari itu salah dua layanan yang di tawarkan oleh sebuah jasa ekspedisi adalah layanan door to door atau port to port. Lalu apakah arti dari kedua layanan tersebut ? layanan port to port dan door to door

Layanan Door to Door

Dalam dunia ekspedisi cargo, layanan door to door mempunyai arti sebuah layanan dimana barang yang hendak di kirimkan akan dijemput oleh kurir ke tempat barang costumer berada, kemudian akan di antarkan sampai ke tangan penerima di tempat ditujuan. Jadi bisa dikatakan, layanan ini sangat cocok untuk costumer yang tidak mau repot dan memerlukan pelayanan yang cepat. Ini dikarenakan costumer tidak harus mengantarkan barangnya ke kantor jasa ekspedisi yang dipakai. Tetapi kekurangan dari layanan ini adalah tarif nya yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan barang diantarkan sendiri ke kantor jasa ekspedisi nya.

Kemudian apa manfaat dari layanan door to door ?

yaitu :
  1. Customer tidak perlu repot mengantarkan barangnya ke kantor jasa ekspedisi, apalagi barang tersebut berukuran besar atau bertonase tinggi.
  2. Proses pengiriman akan terasa lebih cepat karena begitu barang sampai ke kota tujuan akan langsung di kirimkan ke tangan konsumen.
Baca Juga : Jasa Pengiriman Ke Makassar

Layanan Port to Port

Layanan port to port adalah layanan yang paling umum digunakan oleh para costumer. Tidak berbeda jauh dengan layanan door to door, tapi hal mendasar yang membedakannya adalah layanan ini tidak menjemput barang ke tempat costumer berada. Melainkan costumer sendiri yang mengantarkannya ke kantor jasa ekspedisi dan mengurus segala macam dokumen yang diperlukan saat itu juga. Kemudian jika barang telah sampai di kota tujuan, maka barang tersebut hanya dibiarkan tersimpan di gudang pelabuhan atau bandara cargo. Tugas si penerima adalah menjemput sendiri barang tersebut dengan menggunakan alat transportasi sendiri. Layanan ini lebih banyak di pakai oleh para pengiriman barang karena biaya nya yang lebih murah di bandingkan door to door.

Kelebihan dari layanan port to port :

  1. Dapat meminimalisir biaya pengiriman
  2. Dapat lebih seksama memantau barang anda pada saat di antar ke kantor ekspedisinya
Demikianlah penjelasan soal layanan port to port dan dor to door, Perlu anda ketahui, sebagai jasa ekspedisi besar dan sudah berpengalaman dibidangnya, Klik Logistics tentu saja mempunyai kedua layanan tersebut yang tidak hanya biaya nya murah tetapi juga pelayanannya yang profesional dan staff yang ahli dibidangnya. Pada dasarnya kedua layanan ini mempunyai kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. Sekarang setelah anda mengetahui arti dari kedua layanan tersebut semoga bisa lebih bijak memilih layanan mana yang paling cocok untuk anda.
Scroll to Top