fbpx

Inilah Daftar Pelabuhan Terbesar di Ambon

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Ambon adalah ibukota Provinsi Maluku yang merupakan salah satu Kota yang kaya akan Sejarah dan Potensi maritim. Pelabuhan Ambon menjadi sentral dalam perannya menghubungkan Pulau-Pulau yang ada di Kepulauan Maluku dan memfasilitasi pertumbuhan ekonomi wilayah ini.

pelabuhan di ambon

Sejarah Pelabuhan Ambon dimulai dari Zaman Kolonial Belanda dengan menjadi pusat aktivitas maritim di wilayah Indonesia Timur. Pada masa penjajahan Belanda, pelabuhan ini digunakan sebagai pintu gerbang perdagangan rempah rempah yang berlimpah di Maluku. Pelabuhan Ambon ini juga menjadi titik penting dalam perdagangan mancanegara terlebih di wilayah pasifik. Apa saja pelabuhan tersebut? Berikut kami berikan daftar Pelabuhan yang ada di Ambon.

Baca Juga: Daftar 5 Pelabuhan di Ternate yang Terbesar

Daftar Nama Pelabuhan Ambon

Meskipun berada di kepulauan kecil di Timur Indonesia, Kota Ambon memiliki beberapa pelabuhan yang menjadi pintu gerbang Masuk dan Keluarnya warga maupun barang dari Kota Ambon.

1. Pelabuhan Ambon (Yos Sudarso)

Pelabuhan Ambon yang memiliki nama Yos Sudarso adalah Pelabuhan Utama di Ambon dan menjadi pusat kegiatan Pelayaran, seperti Kapal penumpang, Kapal Barang/Kargo, dan kegiatan pelayaran lainnya. Pelabuhan kebanggaan masyarakat Ambon Ini memiliki Fasilitas Terminal penumpang yang Modern dan container yard yang memadai. Disini, bersandar berbagai jenis Kapal seperti, Kapal Pelni, Kapal Cargo, dan beragam Kapal Kecil. Pelabuhan ini berada di Jl. Yos Sudarso No.1 Kodya Ambon.

2. Pelabuhan Ambalau

Pelabuhan Ambalau yang terletak di daerah Ambalau, Ambon. Pelabuhan Ambalau adalah salah satu pelabuhan penting di Kota Ambon yang banyak digunakan dalam aktivitas pelayaran lokal antar pulau di Maluku dan dapat digunakan sebagai tempat distribusi barang-barang lokal. Pelabuhan ini berlokasi di Jl. Komp. Pelabuhan Leksula, Kec. Ambalau, Kabupaten Buru Selatan.

3. Pelabuhan Batu Merah

Pelabuhan Batu Merah adalah salah satu pelabuhan yang berada di Ambon yang mengangkut barang-barang lokal dan Impor. Pelabuhan ini berperan penting dalam mendukung aktivitas perdagangan di wilayah Ambon. Batu merah juga menjadi pelabuhan di Ambon dimana para nelayan bersandar.  Lokasi Pelabuhan Merah berada di Jl. Sultan Hasanudin, Pandan Kasturi, Sirimau, Kota Ambon. 

4. Pelabuhan Gudang Arang

Pelabuhan Gudang Arang adalah pelabuhan yang digunakan untuk mengangkut dan mendistribusikan barang serta barang-barang lainnya. Pelabuhan ini mungkin memiliki peran khusus dalam industri arang di daerah tersebut. Pelabuhan ini juga dijadikan gudang bahan bakar kapal yang bersandar di Ambon. Untuk dapat menuju Pelabuhan Gudang Arang, Anda bisa langsung datang ke Alamat Kompleks Pelabuhan Gudang Arang, Kel Benteng, Kec. Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku. 

Baca Juga: 5 Pelabuhan di Jakarta yang Terkenal, Beserta Lokasi dan Kegiatannya

Inilah akhir dari pembahasan kami mengenai daftar Pelabuhan di Ambon. Semoga dengan list yang kami berikan, dapat membantu mengetahui apa saja pelabuhan yang ada di Ambon. 

 

Scroll to Top