5 Macam Ukuran Kardus Packing dalam Pengiriman Barang

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Ukuran kardus untuk packing tentunya memiliki berbagai ukuran yang berbeda-beda, menyesuaikan dengan ukuran dari barang atau produk dalam proses pengiriman barang dengan material kardus. Anda harus bisa mencocokkan ukuran kardus yang akan dipakai dengan jenis barang. Banyaknya jenis kardus, seringkali membuat seseorang bingung dalam memilih ukuran kardus secara tepat.

ukuran kardus packing

Pemilihan ukuran kardus tentunya harus menyesuaikan spesifikasi dari barang yang akan Anda akan kemas dan kirimkan. Hal tersebut dilakukan agar barang Anda dapat terkirim dengan selamat pada proses kirim. Pemilihan kardus yang baik dan memberikan keamanan pada barang agar tidak mengalami kerusakan. Oleh karena itu, berikut kami berikan cara memilih ukuran kardus untuk packing yang cocok!

Baca juga: Pengertian Packing, Fungsi, Dan Tips Supaya Barang Tetap Aman

Macam-Macam Ukuran Kardus Packing

Untuk mengetahui macam-macam ukuran pada kardus packing, berikut ini adalah berbagai macam ukurannya!

1. Kardus Polos Besar 100x48x50 cm

Kardus dengan jenis ini banyak digunakan untuk mengemas barang-barang yang berskala besar dan berjumlah banyak. Adapun contohnya digunakan untuk pengiriman barang elektronik, suku cadang, pindahan rumah, dan berbagai barang besar lainnya. Ketebalan kardus kira-kira berkisar hingga 4 mm, yang dapat memberikan jaminan agar barang tidak mudah jebol.

Kelebihan:

– Memiliki ukuran besar, sehingga Anda mampu untuk memuat barang-barang berjumlah banyak dan besar.

– Ketebalan dari kardus mempunyai ukuran ketebalan sampai 4 mm.

Kekurangan:

– Proses packing tidak efisien, jika barang yang dikemas berukuran kecil dengan kardus yang besar.

2. Kardus Die Cut 20x20x5 cm

Jika Anda sangat membutuhkan kardus dengan berukuran sedang, maka Anda dapat memilih untuk menggunakan jenis kardus Die Cut Kotak untuk proses packing barang Anda. Kardus yang memiliki ukuran sisi 20 cm serta tinggi 5 cm ini, dapat Anda gunakan untuk mengangkut berbagai pengiriman barang seperti baju, buku, hampers, dan barang lainnya.

Adapun keunggulan pemakaian kardus packing die cut adalah Anda tidak memerlukan tambahan lem atau ekstra lakban dalam mengunci kardus. Kardus ini berwarna polos, sehingga Anda dapat mencantumkan logo produk Anda di kardus sebagai sebuah branding.

Kelebihan:

– Kardus die cut tidak memerlukan bantuan lakban untuk menutup kardus.

– Kardus berwarna polos, sehingga bisa dengan mudah untuk di custom.

– Biaya kardus lebih murah, dibandingkan biaya kardus packing lainnya.

Kekurangan:

– Jenis kardus ini seringkali mudah mengalami penyok.

– Ukuran kardus sangat kecil, sehingga tidak cocok untuk digunakan pada packing barang yang besar.

3. Kardus Packing Ukuran 20x10x8 cm

Umumnya packing kardus ini digunakan untuk mengemas beberapa barang, misalnya barang yang berasal dari online shop, seperti skin care, alat kosmetik, parfume, handphone, charger, casing, dan lainnya. Kardus ini berukuran tidak begitu besar atau kecil, sehingga dapat digunakan untuk barang yang telah disebutkan tadi.

Kelebihan: 

– Kardus dengan jenis ini memiliki bahan yang tergolong tebal, namun ukuran kardus tidak terlalu besar.

– Ukuran barang yang kecil dapat dikirim secara efektif dengan mengirim barang bentuk satuan.

Kekurangan:

– Sangat spesifik untuk digunakan sebagai packing barang panjang dan kecil.

– Untuk proses packing, sangat membutuhkan lakban atau lem, agar kardus kiriman Anda dapat tertutup dengan rapi dan rapat.

4. Kardus Packing Online Shop Kecil 8x8x3 cm

Anda dapat menggunakan kardus packing dengan ukuran ini dalam mengemas barang yang terkecil sekalipun.

Umumnya kardus berukuran ini seringkali dimanfaatkan sebagai kotak kado, misalnya menghadiahkan jam tangan, bros, atau hadiah kecil lainnya.

Kelebihan: 

– Memiliki harga termurah.

– Cocok digunakan dalam packing barang kiriman berukuran kecil.

Kekurangan:

– Ukuran kardus terlalu kecil jika dipakai dalam mengirim barang yang agak besar.

5. Kardus Tangan Dingin (Thermal Insulated Box) atau Cold Pack

Penggunaan Thermal Insulated Box dapat Anda gunakan dalam bisnis frozen food atau makanan olahan. Sebab, lapisan thermal bisa menghambat adanya perubahan pada suhu. 

Pada saat frozen food Anda telah di packing menggunakan jenis thermal, sehingga suhu dinginnya akan tetap terasa. Kardus ini cocok untuk digunakan pada kiriman barang jarak yang jauh.

Kelebihan:

– Terdapat lapisan thermal agar perubahan suhu tetap terjaga, bahkan sangat cocok untuk mengemas berbagai makanan olahan.

– Lapisan dalam berbahan higienis, oleh karena itu 

pengemasan produk makanan dan minuman bisa menjadi sangat aman.

Kekurangan

– Anda hanya bisa menampung dengan jumlah makanan serta minuman dengan jumlah yang sedikit.

– Apabila dibandingkan dengan kardus ukuran lain dalam pengemasan, maka harganya termasuk cukup mahal.

Tips Memilih Ukuran Kardus Packing

Pastinya Anda harus menentukan pemilihan ukuran kardus Anda yang  digunakan dalam packing barang. Nah, berikut ini tips memilih ukuran dus packing yang pas dan dapat Anda pahami!

Gunakan Kardus Packing Ukuran Besar Apabila Barang Berukuran Besar

Untuk mengemas barang berukuran besar, Anda bisa melakukan packing dengan kardus packing yang besar juga. Umumnya ukuran kardus besar memiliki panjang sekitar 100 cm. Meskipun begitu, gunakan kardus packing dengan ukuran yang sesuai atau tidak kebesaran. Hal itu bisa menyebabkan adanya goncangan ketika proses pengiriman.

Gunakan Ukuran Kardus Packing Kecil Jika Barang Berukuran Kecil

Pada saat Anda memutuskan untuk mengemas barang yang kecil. Maka, usahakan agar Anda untuk memilih kardus ukuran kecil yang lebih efisien, simple, dan dapat Anda bawa kemanapun. Namun, karena ukurannya yang kecil, Anda jangan pernah untuk memaksakan barang besar untuk masuk ke packing kecil.

Baca juga: 7 Bahan Packing Barang Yang Biasa Digunakan Dalam Pengiriman

Nah, itulah artikel mengenai ukuran kardus untuk packing yang dapat Anda pahami dan dapat menggunakannya secara pas dalam mengemas barang-barang kiriman Anda  ke tujuan. Jika Anda memiliki barang berjumlah banyak, yang harus dikirim ke seluruh wilayah Indonesia. Maka, Anda bisa meminta bantuan menggunakan jasa ekspedisi terpercaya, murah, dan aman, seperti Klik Logistics. Oleh karena itu, yuk langsung saja ke hubungi CS Klik Logistics sekarang juga!

Scroll to Top