Apa Itu 3PL? Ini Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Bedanya dengan 4PL

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Jika anda memiliki sebuah bisnis terutama dilakukan secara online, tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan istilah Third Party Logistics atau 3PL. 3PL adalah jasa pengiriman yang menawarkan bantuan pada sejumlah pengiriman barang, bahkan hingga pengiriman ke daerah terpencil. Bahkan sekarang perusahaan 3PL atau ekspedisi telah berkembang banyak di Indonesia.

Masing-masing jasa pengiriman pastinya akan menawarkan harga yang terjangkau, dan penyediaan layanan pengiriman barang sebagai nilai kelebihan setiap perusahaan. Nah, untuk mengenal lebih dalam apa itu 3PL, berikut kami jabarkan mengenai pengertian 3PL jenis layanan, manfaat, serta perbedaan 3PL dan 4PL untuk dapat anda pahami.

Baca Juga: Pengertian Dermaga, Jenis, dan Fungsinya

Pengertian 3PL

Third party logistics (3PL) adalah sebuah perusahaan logistik yang menjadi pihak ketiga untuk membantu suatu perusahaan dalam supply chain management atau rantai pasokan, khususnya urusan pengangkutan dan jasa pengiriman. Tugas utama 3PL adalah mengirimkan suatu barang dari trucking sampai kepada kebutuhan gudang.

Tugas dari logistik tentunya dapat menghabiskan waktu, biaya, dan tenaga dalam pengelolaannya, maka dari itu adanya 3PL adalah membantu dalam pengelolaan logistik maupun penyimpanan barang pada perusahaan.

Sejumlah perusahaan 3PL di Indonesia bahkan telah berkembang dan terbagi dalam logistik teknologi, perusahaan logistik, penyedia gudang, perusahaan kurir, hingga freight forwarder. Hadirnya 3PL dengan teknologi yang canggih dapat membantu pengiriman hingga ke daerah terpencil bahkan dapat melakukan live tracking dan lainnya.

Jenis-Jenis Layanan 3PL

Third party Logistics (3PL) adalah perusahaan yang menyediakan jasa logistik hingga ke daerah pelosok Indonesia. Dalam pengiriman barang, tentunya 3PL memiliki beberapa jenis layanan. Berikut jenis layanan 3PL yang dapat anda ketahui.

Service Developer

Beberapa perusahaan 3PL menawarkan layanan service developer dengan sejumlah layanan yang kompleks, diantaranya Tracking Service, Special Case Delivery, Escort untuk memberikan keamanan pada barang, serta Cross Docking yang membuat bagian logistik pada perusahaan.

Layanan tersebut menggunakan sistem IT yang kuat, membuat layanan fokus dalam ruang lingkup serta ekonomi yang lebih besar, dibandingkan dengan standar 3PL provider yang digunakan seperti biasanya. Sehingga, perusahaan pun dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.

Umumnya perusahaan yang mengajak kerja sama 3PL adalah perusahaan manufaktur besar yang membutuhkan keahlian khusus seperti pengiriman, pergudangan, sampai pada penjagaan khusus yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan besar.

Customer Developer

3PL seringkali dianggap sebagai tingkat tertinggi pada penyedia logistik. Hal itu disebabkan karena layanan yang disediakan telah terintegrasi dengan para pengguna jasa 3PL. Semua fungsi logistik pada perusahaan akan dialihkan kepada 3PL yang lebih berpengalaman di bidang logistik.

Layanan 3PL ini dapat melaksanakan sejumlah fungsi logistik secara mendetail sesuai kebutuhan. 3PL akan memegang sebuah kontrak pelanggan, kemudian si penyedia jasa melakukan sourcing kontrak ke sejumlah vendor dalam lingkup mereka. Dengan mengandalkan 3PL, perusahaan dapat menghemat biaya, waktu, tempat, hingga sumber daya yang profesional.

Customer Adapter

Customer adapter adalah layanan yang dikerjakan sesuai dengan permintaan perusahaan. Umumnya, tugas 3PL adalah mengontrol kegiatan logistik pada perusahaan untuk meningkatkan pekerjaan logistik tanpa memiliki layanan baru.

Jika tidak ada 3PL, membuat perusahaan harus dapat mengembangkan layanan baru untuk bisa mengelola logistik. Bahkan nantinya akan menambah anggaran yang terbilang sangat besar. Sehingga perusahaan lebih memilih penggunaan layanan 3PL, dibandingkan membuat layan baru.

Layanan customer adapter ini terbilang kecil dibandingkan dengan kedua layanan di atas . Walaupun begitu, customer adapter juga memberikan keuntungan jika penggunaannya sesuai kebutuhan perusahaan, terutama pada bagian logistik.

Manfaat 3PL

Penggunaan 3PL adalah penting bagi perusahaan yang membutuhkan layanan logistik. Untuk itu, berikut beberapa manfaat 3PL yang dapat dirasakan oleh perusahan.

Menghemat Biaya

3PL dapat membantu perusahaan dalam menghemat biaya. Sebab, pengelolaan logistik bisa sampai mengeluarkan biaya yang banyak, baik untuk investasi pada armada pengiriman, gudang, infrastruktur, hingga pada sistem manajemen.

Meningkatkan Efisiensi Operasional

Layanan 3PL dapat membuat perusahaan lebih fokus dalam aktivitas bisnisnya. Adanya pengalihan tanggung jawab ke penyedia jasa yang ahli dalam logistik, menjadikan perusahaan untuk lebih fokus mengoptimalkan sumber daya dan operasionalnya.

Skalabilitas Menjadi Lebih Fleksibel

Ketika suatu bisnis berkembang atau menghadapi ketidakstabilan permintaan, penggunaan 3PL membuat perusahaan menyesuaikan secara cepat peran logistik sesuai kebutuhan. Perusahaan pun bisa mengatur skala operasional secara fleksibel tanpa harus menghadapi kendala yang ada.

Meningkatkan Kinerja Logistik

Sebagai pihak ketiga yang ahli dalam praktik logistik, peraturan, dan memahami trend dalam industri, 3PL menjadi andalan perusahaan untuk meningkatkan kinerja logistik pada bisnis mereka. Tidak hanya itu 3PL juga sangat menguasai letak geografis dan demografi daerah pengiriman mereka secara baik.

Perbedaan 3PL dan 4PL

Tidak hanya 3PL, layanan fourth party logistics atau 4PL adalah penyedia jasa logistik pihak keempat yang memegang kendali rantai pasokan yang bertugas sebagai perantara tunggal. Tugas 4PL adalah pelayanan logistik pada rantai pasok, memberi peluang pengurangan biaya, koordinasi penyimpanan, pengangkutan, armada, serta analisis proses alur informasi untuk merancang ulang agar lebih efisien.

Jadi dari pengertian keduanya, perbedaan 3PL dan 4PL adalah pada fungsinya, dimana 3PL hanya fokus pada urusan fungsional tertentu, misalnya urusan logistik dan gudang. Sementara 4PL memberikan dukungan pada proses rantai pasokan hingga ke ujung. Layanan 3PL dapat bekerja secara baik jika perusahaan memiliki strategi rantai pasokan yang kuat dan masih membutuhkan sokongan rencana oleh perusahaan, karena fokus pada beberapa tanggung jawab. Sedangkan 4PL berada tahap integrasi dan optimasi, yang menyediakan teknologi terintegrasi.

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu 3PL, serta perbedaan 3PL dengan 4PL yang dapat anda ketahui. Tentunya antara 3PL dengan 4PL memiliki kelebihannya masing-masing yang dapat membantu kebutuhan suatu perusahaan. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi kepada dalam mengenali dunia pengiriman dan logistik.

Baca Juga: Arti dari 10 Simbol pada Kardus Packing [Update 2023]

Untuk kebutuhan logistik, tentunya anda tidak jarang membutuhkan bantuan jasa ekspedisi untuk membantu mengirimkan barang anda. Apalagi jika barang kiriman anda terbilang besar bahkan banyak. Anda tidak perlu khawatir, Klik Logistics akan siap melayani pengiriman barang anda ke seluruh Indonesia dengan tarif termurah. Langsung saja hubungi CS kami untuk informasi pengiriman terbaikmu!

Scroll to Top