Inventory Control: Fungsi, Metode, dan Tugasnya dalam Bisnis

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Dalam kepentingan bisnis, inventory control adalah salah satu hal yang penting. Inventory control memiliki keterkaitan dengan penyimpanan serta persediaan stok pada barang. Hal itulah yang membuatnya dianggap penting, karena dapat memberikan keuntungan dan kepuasan pada pelanggan.

inventory control

Seorang inventory control harus dapat menjaga fleksibilitas, memaksimalkan jumlah persediaan, hingga merekap data persediaan yang akurat. Untuk mengenal lebih lanjut, berikut pengertian, fungsi, metode, hingga tugas dari inventory control.

Baca juga: Warehouse: Pengertian, Jenis, Dan Fungsinya

Pengertian Inventory Control

Apa itu inventory control? Inventory control adalah suatu aktivitas dalam memastikan persediaan atau stok barang di perusahaan tercukupi dan tidak mengalami kekosongan. Hal itu dilakukan untuk memaksimalkan persediaan barang dan perusahaan mampu memenuhi permintaan pasar ketika produk sedang laris. Bahkan biaya operasional perusahaan juga dapat ditekan.

Perusahaan harus bisa mengorganisir persediaan barang dan bisnis juga tidak akan menghabiskan banyak biaya, dengan cara selalu mengecek dan mendata keluar masuknya barang secara rinci. Umumnya, tugas inventory control dilakukan oleh supervisor dan staff nya. Setiap permintaan sedang ramai, maka barang juga menjadi langka dan memiliki harga yang meningkat.

Fungsi Inventory Control

Fungsi inventory control yaitu mengontrol serta memantau pergerakan dari stok barang. Adapun beberapa fungsi inventory control lainnya, yaitu sebagai berikut.

  • Mencegah adanya keterlambatan pengiriman, baik barang jadi maupun bahan baku yang tengah dibutuhkan oleh perusahaan
  • Memastikan kesesuaian barang pesanan dengan kebutuhan perusahaan
  • Mengantisipasi kenaikan harga barang secara mendadak
  • Mendapatkan keuntungan dari pembelian sebelumnya
  • Menyediakan barang sesuai kebutuhan pasar (produk musiman)

Metode Inventory Control

Aktivitas inventory control tentunya membutuhkan waktu yang cukup menyita waktu, karena perlu adanya penghitungan barang secara detail. Sehingga anda memerlukan sebuah metode yang dapat digunakan dalam memudahkan aktivitas inventory control. Berikut berbagai metode inventory control yang perlu anda ketahui.

Tracking Inventory

Pelacakan ketersediaan barang akan lebih mudah jika dibantu dengan sistem perangkat lunak untuk mengetahui jumlah stok. Sehingga, anda tidak harus lagi melakukan pengecekan secara manual. Penggunaan software juga akan memberikan kemudahan dalam pengambilan keputusan secara cepat.

Quality Control

Kualitas barang yang bagus adalah sebuah kunci, agar konsumen tidak ragu dalam melakukan pembelian barang secara berulang atau repeat order. Adanya inventory control ini juga memudahkan kinerja dari quality control, baik mengetahui persediaan barang yang memenuhi kebutuhan konsumen maupun mengetahui kualitas dari barang itu sendiri.

Pemesanan Kembali

Menghadirkan kebutuhan dari pelanggan bisa menjadi salah satu cara bersaing dengan kompetitor. Agar barang bisa selalu dicari dan dipilih oleh konsumen, maka kualitas produk harus lebih ditingkatkan, begitu juga kuantitas produk pun juga diperbanyak. Pelayanan yang maksimal membuat konsumen percaya dan tidak ragu lagi dalam melakukan pemesanan kembali.

Tugas Inventory Control

Inventory control memiliki peran penting bagi perusahaan. Seorang Planning Production Inventory Control (PPIC) sebagai orang yang bertanggung jawab pun memiliki berbagai tugas serta tanggung jawab. Adapun tugas inventory control sebagai berikut.

Menghitung Jumlah Stok Barang Gudang

Tugas utama dari inventory control adalah menghitung jumlah stok persediaan barang di gudang. Seorang inventory control memantau dan menghitung persediaan, agar barang di guang tidak mengalami kehabisan stok. Apalagi ketika barang sedang mengalami permintaan yang tinggi.

Mengecek dan Merekap Data

Staf inventory control kemudian akan melakukan pengecekan dan perekapan data. Pada barang yang tersedia di gudang, untuk penyesuaian dengan data rekapan. Setelah data sesuai, selanjutnya staf yang bertugas melaporkannya kepada supervisor.

Pendataan Secara Berkala

Data stok barang tentunya harus dilakukan secara berkala dan rutin. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kehabisan barang, serta bertujuan menjamin agar barang dapat tercukupi sesuai permintaan pasar.

Membuat Laporan

Membuat laporan pendataan barang-barang yang tersedia di gudang dan dilakukan secara berkala. Hal itu dilakukan untuk menjamin persediaan agar permintaan konsumen tercukupi, sekaligus sebagai bahan evaluasi untuk kedepannya. Adapun laporan tersebut memiliki rincian data vendor, distribusi barang, hasil penjualan barang, dll.

Itu dia pembahasan mengenai inventory control, mulai dari pengertian, fungsi, metode, dan tugasnya yang perlu anda ketahui. Tanpa adanya kontrol dan pemantauan yang baik, maka akan berpengaruh terhadap performa dari perusahaan itu sendiri.

Baca juga: Gudang Transit: Pengertian, Manfaat, Dan Fungsinya Dalam Logistik

Sebagai jasa ekspedisi, Klik Logistics juga memiliki sistem penyimpanan dan pelayanan yang baik dalam jasa pengiriman barang ke berbagai wilayah. Untuk anda yang ingin mendapatkan pelayanan pengiriman terbaik, langsung saja menghubungi customer service Klik Logistics sebagai spesialis pengiriman barang besar dan banyak yang pastinya aman.

Scroll to Top