Apa Itu Tol Laut? Ini Pengertian, Tarif, dan Manfaatnya!

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Jika anda mendengar istilah tol pastinya akan langsung paham dan sudah tidak asing lagi. Namun, bagaimana dengan istilah tol laut? Tol laut adalah sebuah inovasi untuk mempermudah pengiriman barang melalui jalur laut.

Tak hanya itu, penggunaan tol laut ini ternyata juga memiliki berbagai manfaat dalam berbagai aktivitas logistik lainnya. Lalu, apa saja pengertian hingga manfaat dari tol laut? Bagaimana dengan tarif tol laut, apakah lebih mahal dibandingkan dengan tol biasanya. Maka dari itu, simak penjelasan lebih lanjut mengenai tol laut berikut ini!

Baca juga: Tarif Cargo Laut Antar Pulau Dengan Kapal Laut Tarifnya Paling Murah

Pengertian Tol Laut

Apa itu tol laut? Tol laut adalah sebuah program transportasi barang yang dibangun di atas permukaan laut, untuk menghubungkan antar wilayah di Indonesia dan dirancang sebagai jalur bebas hambatan. Program ini dilakukan dengan adanya penggunaan kapal-kapal khusus untuk mengangkut barang dari pelabuhan asal ke pelabuhan tujuan

tol laut

Tol laut diluncurkan pada tahun 2014 oleh pemerintah Indonesia. Tujuan dibuatnya tol laut adalah untuk mengurangi ketergantungan pengiriman logistik melalui jalur darat, karena lebih memakan waktu, biaya tinggi, serta dapat meningkatkan konektivitas antar wilayah di Indonesia.

Hadirnya program tol laut memberikan kemudahan dalam distribusi barang dari satu daerah ke daerah lainnya, terutama pada wilayah yang cukup sulit untuk dijangkau melalui transportasi darat. Sehingga, program ini diharapkan untuk bisa mengurangi biaya logistik, harga barang pasar, serta kualitas hidup masyarakat Indonesia juga meningkat.

Tarif Tol Laut

Salah satu penggunaan tol laut yaitu Tol Bali Mandara, yang menggunakan sistem transaksi terbuka, yaitu pembayaran langsung ketika pengguna jalan tol memasuki area gerbang tol, dengan tarif yang bersifat reversibel.

Dilansir dari laman resmi PT. Jasamarga Bali Tol (JBT) yang mengelola Tol Bali Mandara, tarif tol Bali Mandara di semua golongan kendaraan adalah sebagai berikut.

  • Golongan I (sedan, jeep, pick up/truk kecil, dan bus) Rp 13.000,-
  • Golongan II (truk dengan dua gandar) Rp 19.500,-
  • Golongan III (truk dengan tiga gandar) Rp 19.500,-
  • Golongan IV (truk dengan empat gandar) Rp 25.500,-
  • Golongan V (truk dengan lima gandar) Rp 25.500,-
  • Golongan VI (kendaraan bermotor roda dua) Rp 5.000,-

Tarif tol laut di atas tersebut ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri PUPR No. 75/KPTS/M/2022 tanggal 31 Januari 2022, tentang penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Bali Mandara.

Manfaat Tol Laut

Adanya program tol laut di Indonesia adalah agar dapat meningkatkan hubungan antar wilayah di Indonesia, yang dapat mempermudah distribusi barang secara cepat dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Biaya logistik pun juga berdampak lebih murah dan efisien. Adapun penjelasan mendetail mengenai manfaat tol laut lainnya adalah sebagai berikut.

Meningkatkan Efisiensi Biaya Transportasi

Hadirnya program tol laut bermanfaat dalam mempercepat pendistribusian barang, serta biaya transportasinya yang cenderung lebih murah. Hal itu juga berpengaruh pada berkurangnya biaya logistik serta harga barang pasar, sehingga daya saing produk Indonesia dapat meningkat.

Mengurangi Kemacetan Lalu Lintas pada Jalur Darat

Tol laut bermanfaat dalam mengurangi kemacetan lalu lintas di jalan raya. Seperti halnya pada pengiriman jalur darat yang mengalami kemacetan lalu lintas, karena penggunaan truk sumbu tiga sebagai armada pengiriman. Dalam pengangkutan barang melalui jalur laut, program ini menggunakan kapal-kapal khusus, yang terhindar dari kemacetan lalu lintas.

Meningkatkan Konektivitas Antar Wilayah

Penggunaan tol laut juga mempermudah dalam pendistribusian barang dari satu wilayah ke wilayah lainnya, terutama jika menuju wilayah yang sulit untuk dijangkau dengan transportasi darat. Sehingga, konektivitas antar wilayah Indonesia dapat meningkat, dan pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah terpencil di Indonesia juga cepat.

Meratakan Harga Barang di Seluruh Indonesia

Tentunya kita sadar bahwa kesejahteraan di Indonesia masih belum merata di semua daerah. Bahkan hingga kini, pembangunan juga lebih mengutamakan pulau Jawa, sehingga pembangunan di daerah-daerah lain di luar pulau Jawa masih tertinggal.

Hal tersebut tentunya juga berdampak pada perbedaan harga barang yang cukup jauh perbandingannya, apalagi harga di daerah Indonesia Timur dan pulau-pulau lainnya. Adanya distribusi dengan jalur tol laut ini diharapkan dapat menjadi sebuah solusi dalam pemerataan harga barang di semua wilayah Indonesia.

Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Program dari tol laut yang memiliki biaya transportasi termurah diharapkan dapat membantu dalam menurunkan harga barang di pasar, serta meningkatnya kualitas hidup masyarakat. Peningkatan daya beli pada masyarakat berpengaruh dalam kelancaran perputaran roda ekonomi di masyarakat.

Meningkatkan Pendapatan Daerah

Pendapatan daerah dapat meningkat, jika daerah tersebut dapat mengirimkan barang hasil produksi dari industri daerah mereka ke luar daerahnya. Pengiriman barang hasil produksi ke daerah Indonesia lainnya tentunya akan memberikan keuntungan bagi semua pihak.

Baca juga: Cek Ongkir Cargo Laut Dengan Kapal Cargo, Kapal Roro Dan Kapal Pelni Di Sini

Nah, itulah penjelasan mengenai pengertian, tarif, serta manfaat dari tol laut, yang memiliki dampak bagi pengiriman logistik ke satu wilayah ke wilayah lainnya. Hadirnya tol laut di Indonesia diharapkan memberikan dampak yang baik dalam meningkatkan dan mempercepat perekonomian secara merata, serta kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Scroll to Top