Warehouse Management System: Pengertian, Konsep, Fitur, dan Manfaatnya

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Warehouse Management System atau WMS adalah sebuah sistem pada gudang, yang dapat membantu proses operasional gudang. Adanya WMS dianggap memberikan kemudahan dalam pengelolaan dan penyimpanan dalam gudang secara optimal.

warehouse management system (wms)

Jika pengelolaan gudang kurang baik, maka perusahaan akan mengalami kesulitan dalam pengelolaan inventaris. Kualitas layanan pelanggan pun dapat menurun, karena sulit untuk menemukan barang secara cepat dan tepat di gudang. Sehingga membuat pengiriman barang pun jadi terhambat karena lamban.

Lalu apa sih itu WMS, mulai dari pengertian, konsep, fitur, dan manfaatnya secara lebih mendalam? Penjelasan lebih lanjut, simak artikel mengenai WMS berikut ini untuk lebih detailnya berikut ini.

Baca juga: Warehouse: Pengertian, Jenis, Dan Fungsinya

Pengertian WMS

Apa itu WMS? WMS yang merupakan singkatan dari Warehouse Management System adalah sebuah sistem manajemen pergudangan sebagai kunci utama pada supply chain. Tujuan WMS adalah untuk memudahkan dalam pemantauan dan mengontrol proses operasional dari pergudangan secara real time.

Baik dari proses stok barang datang sampai persiapan stok barang, dalam proses pengiriman. Hal tersebut dilakukan agar proses arus barang di gudang dapat berjalan lebih cepat dan menghemat biaya.

Sistem manajemen gudang berperan sangat penting dalam manajemen rantai pasokan dengan pengelolaan pada proses memenuhi pesanan. Baik itu dalam penerimaan bahan baku sampai pengiriman barang jadi.

Konsep WMS

Terdapat beberapa konsep yang dapat anda terapkan agar dapat melakukan manajemen pergudangan. Adapun konsep WMS adalah sebagai berikut.

FIFO atau First In First Out

Konsep ini memegang konsep dimana barang yang pertama kali masuk maka juga harus menjadi yang pertama keluar, atau yang pertama kali antre akan menjadi yang pertama kali dilayani.

LIFO atau Last In Last Out

Konsep WMS dari LIFO yaitu ketika barang yang terakhir masuk maka barang tersebut yang nantinya akan keluar pertama kali. Contohnya seperti pasir, dimana bagian atasnya yang terakhir kali masuk maka akan menjadi yang pertama untuk diambil.

FEFO atau First Expired Out

Pada FEFO memiliki konsep bahwa barang yang cepat kadaluarsa harus menjadi yang lebih pertama keluar. Contohnya seperti makanan, minuman, dan obat-obatan yang memiliki tanggal kadaluarsa lebih cepat, maka barang itulah yang akan dikeluarkan lebih dahulu.

Pada dasarnya konsep WMS mempunyai kode unik atau barcode untuk mengidentifikasi barang. Bahkan sistemnya juga telah terintegrasi pada barang di seluruh cabang. Nantinya WMS dapat memberikan lokasi dari barang dan akan terekam oleh sistem dengan penggunaan scan barcode lokasi, sehingga barang tidak akan mengalami terselip.

Fitur-Fitur WMS

Untuk mendapatan WMS yang ideal, maka perusahaan juga perlu memperhatikan fitur-fitur yang ditawarkan untuk mempermudah pengelolaan gudang bisnis Fitur-fitur WMS tersebut diantaranya sebagai berikut.

Barcode & RFID

RFID atau Radio Frequency Identification adalah komunikasi nirkabel dengan sambungan elektromagnetik untuk dapat mengidentifikasi benda secara spesifik. Teknologi RFID barcode ini digunakan agar manajemen stok barang gudang lebih efisien dalam pendataan stok barang maupun melacak perpindahan barang.

Safety Stock & Stock Alert

Fitur ini bermanfaat sebagai notifikasi ketika stok barang gudang telah menipis atau kelebihan, serta menekan pengeluaran untuk pengadaan stok. Untuk menggunakan fitur ini, maka perusahaan harus menentukan jumlah stok barang. Setelah ditentukan, maka sistem secara otomatis akan langsung mengirim notifikasi.

Stock Transfer Order

Fitur ini mempermudah manajemen perpindahan barang dari gudang asal ke gudang tujuan, tanpa transaksi. Selain itu juga membantu pelacakan serta penghitungan stok barang dengan satu sistem.

Push Notifications

Informasi yang terkumpul dalam sistem database WMS dapat memberikan notifikasi otomatis pada aplikasi dan email. Sehingga membantu petugas gudang mengetahui apa yang harus dikerjakan secara efektif pada segi waktu, tenaga, dan biaya, juga efisien.

Multi-site Management

Perusahaan menerapkan perangkat teknologi yang sama di setiap gudang. sehingga akan membantu pemantauan banyak gudang dengan satu sistem secara real time sekaligus. Perusahaan pun dapat menjaga performa serta menjaga kualitas produk di semua lokasi gudang.

ERP Integration

Integrasi WMS dan ERP bisa membantu perusahaan dalam proses bisnis yang efisien. Sejumlah data yang terkumpul di WMS bisa tersinkronisasi dengan baik di sistem ERP. Sehingga kontrol maksimal dalam manajemen gudang, penjualan, akuntansi dan proses bisnis lain dapat terkontrol oleh perusahaan.

Quality Control Check

Berfungsi untuk melacak stok barang jika ada yang mengalami kerusakan, yang ditentukan dengan proses inbound dan kontrol kualitas produk. Sehingga tiap produk yang datang ke konsumen mendapatkan kualitas baik dan merata.

Email Reporting & Dashboard

Hasil output dari penerapan sistem ERP atau WMS ini dapat memudahkan penerimaan informasi relevan, cepat dan lengkap untuk membuat keputusan tepat. Selain itu juga dapat mengevaluasi kinerja pergudangan

Manfaat WMS

WMS memiliki manfaat besar untuk perusahaan. Utamanya seperti kemudahan dalam pengelolaan gudang hingga penyimpanan dengan optimal. Untuk lebih jelas, berikut manfaat dari WMS.

Mempercepat Pengambilan Barang

WMS dapat menempatkan dan mendata barang secara sistematis. Sehingga ketika dibutuhkan identifikasi letak dan pengambilan barang akan lebih cepat dan efisien.

Mengoptimalkan Efisiensi

Penggunaan WMS dapat mengatur tata letak hingga kapasitas dengan sistem yang sama. Sehingga perusahaan dapat memaksimalkan ruang pada gudang dengan tersusun rata dan rapi.

Hemat Biaya

Penghitungan barang sudah akurat tanpa membuat boros ruang gudang. Sehingga perusahaan tidak perlu menyewa gudang tambahan dalam menyimpan barang.

Memaksimalkan Ruang

WMS membantu dalam mengukur dimensi barang dan rak dengan otomatis. Sehingga pemakain gudang dimanfaatkan secara efektif.

Baca juga: Apa Itu Transit Dalam Proses Pengiriman Barang? Ini Dia Penjelasannya!

Itulah penjelasan mengenai apa itu WMS, baik pengertian, konsep, fitur, hingga manfaatnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda agar lebih mengenal WMS. Tentunya sistem manajemen pergudangan juga diterapkan oleh jasa ekspedisi dalam aktivitas logistik barang, seperti di Klik Logistics.

Klik Logistics adalah jasa ekspedisi yang memiliki spesialisasi pengiriman barang besar dan banyak dengan tarif termurah. Sejumlah layanan pengiriman tersedia menyesuaikan kebutuhan pengiriman untuk kenyamanan dan keamanan pengiriman barang ke seluruh Indonesia. Tunggu apalagi? Segera hubungi CS Klik Logistics yang ramah dan responsif untuk informasi harga dan pengiriman terbaik!

Scroll to Top