7 Nama Pelabuhan di Lampung: Detail Lokasi dan Aktivitasnya

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Lampung adalah salah satu Provinsi di Indonesia, yang letaknya berada di bagian selatan dari Pulau Sumatera, dan menjadi lokasi ibu kota Bandar Lampung. Di bagian utara, letak dari Lampung ini berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu dan Sumatera Selatan. Sementara pada bagian selatan, Lampung berbatasan langsung dan memisahkan antara Sumatera dengan Jawa.

pelabuhan di lampung

Dari berbagai macam nama Pelabuhan yang terletak di Provinsi Lampung, mungkin saja selama ini anda hanya mengetahui satu Pelabuhan yang sangat terkenal dan digunakan sebagai kapal penyeberangan, seperti Pelabuhan Bakauheni. Biasanya bagi anda yang ingin pergi dan melakukan penyeberangan dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa atau sebaliknya akan singgah di Pelabuhan Bakauheni.

Namun, ternyata Lampung tidak hanya memiliki satu pelabuhan saja loh! Ternyata Provinsi Lampung memiliki banyak pelabuhan lainnya, untuk berbagai aktivitas. Baik untuk tujuan penyeberangan, tempat meletakkan kapal nelayan, atau tempat wisata dan edukasi. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, berikut daftar nama-nama pelabuhan di Lampung untuk anda ketahui!

Baca juga: 8 Pelabuhan Terbesar Di Indonesia Yang Ramai Dengan Kegiatan Logistik

Daftar Nama Pelabuhan di Provinsi Lampung

Provinsi Lampung yang memiliki wilayah pantai yang luas pastinya akan memudahkan anda dalam menemukan berbagai pelabuhan dan dermaga. Lalu, apa saja nama-nama pelabuhan yang dimiliki oleh Provinsi Lampung?

Berikut ini 7 daftar nama Pelabuhan yang berlokasi di Lampung yang dapat anda ketahui!

1. Pelabuhan Panjang

Pelabuhan pertama ada Pelabuhan Panjang, yang berlokasi di Kecamatan Panjang, Kota Bandar Lampung. Pelabuhan Panjang adalah pelabuhan terbesar dan utama di Pulau Sumatera, serta memiliki peran yang sangat vital dibandingkan induknya sendiri.
Pelabuhan Panjang ini dikelola oleh BUMN, yaitu PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo.

Pelabuhan ini memiliki aktivitas untuk kapal logistik dan mempunyai 3 terminal spesialisasi berdasarkan jenis barang, diantaranya terminal peti kemas, terminal multipurpose, dan terminal curah kering. Kedalaman Pelabuhan Panjang ini diketahui mencapai sekitar -14 mLWS dan panjang kurang lebih mencapai 6 mil.

2. Pelabuhan Bakauheni

Pelabuhan Bakauheni adalah pelabuhan yang cukup terkenal di masyarakat. Lokasi Pelabuhan Bakauheni berada di bagian selatan Pulau Sumatera, yaitu di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Pelabuhan ini masih tergolong sebagai nama pelabuhan lampung terbesar, yang digunakan untuk aktivitas kapal penyeberangan antara Pulau Sumatera dengan Pulau Jawa.

3. Pelabuhan Perikanan Lempasing Teluk Betung

Pelabuhan Perikanan Lempasing Teluk Betung ini terletak di Kecamatan Teluk Betung, Kota Bandar Lampung. Pelabuhan Teluk Betung adalah pelabuhan perikanan, yang digunakan untuk aktivitas dalam penjualan ikan segar, tempat untuk sarana pendidikan atau belajar, hingga tempat untuk melakukan penelitian yang terkait dengan perikanan dan kelautan.

4. Pelabuhan Tarahan

Pelabuhan Tarahan bisa dibilang merupakan pelabuhan yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan Pelabuhan Panjang dan Bakauheni. Lokasi dari Pelabuhan Tarahan ini tidak jauh dari Pelabuhan Panjang, yaitu di Tarahan atau perbatasan antara Bandar Lampung dengan Lampung Selatan. Pelabuhan ini dipergunakan untuk aktivitas bongkar muat kapal ikan nelayan sekitar, dan juga sebagai lokasi untuk pelelangan ikan.

5. Pelabuhan Kecil Bom Kalianda

Pelabuhan Bom Kalianda ini berlokasi di daerah pusat kota, Kabupaten Kalianda. Pelabuhan Lampung ini berfungsi sebagai tempat berlabuhnya kapal-kapal nelayan, yang dikenal sebagai Dermaga Bom. Tempat ini juga menjadi salah satu nama pelabuhan Lampung yang dijadikan sebagai lokasi pariwisata. Tempat ini memiliki keunikan pada desainnya, karena pelabuhan ini juga digunakan sebagai tempat nongkrong yang menawarkan berbagai macam kuliner khas Lampung Selatan.

6. Pelabuhan Canti

Pelabuhan Canti adalah salah satu pelabuhan yang ada di Lampung, yang berlokasi di Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan. Pelabuhan ini dikenal sebagai pelabuhan bagi kapal-kapal wisatawan, dan menjadi tempat penyeberangan menuju Pulau Sebesi, Pulau Sebuku, hingga ke anak Gunung Krakatau.

7. Pelabuhan Labuhan Maringgai

Pelabuhan Labuhan Maringgai ini lokasinya berada di Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. Pelabuhan ini digunakan oleh para nelayan sebagai tempat dalam meletakan perahunya ketika mereka telah selesai bernelayan. Luasnya wilayah pantai yang dimiliki atau berada di Provinsi Lampung, sehingga tidak heran jika anda dapat menemukan banyak dermaga kecil di Lampung.

Nah, itulah 7 pelabuhan di Lampung yang memiliki beragam aktivitas di masing-masing pelabuhan untuk anda ketahui. Tentunya, di luar ketujuh pelabuhan Lampung yang telah disebutkan, Lampung masih memiliki beberapa pelabuhan lainnya, baik yang besar maupun kecil sebagai tempat perahu nelayan.

Baca juga: Daftar 5 Pelabuhan Di Makassar

Banyaknya pelabuhan yang ada di Lampung, pastinya dapat memudahkan kapal-kapal pengiriman dari ekspedisi untuk berlabuh. Pengiriman barang anda tujuan ke Lampung pun juga dapat sampai dengan aman, apalagi dengan bantuan dari jasa ekspedisi seperti Klik Logistics. Ekspedisi Jakarta Lampung dengan Klik Logistics pastinya murah yaitu hanya Rp 2.500 saja. Yuk, segera hubungi CS Klik Logistics untuk informasi pengiriman Jakarta Lampung selengkapnya!

Scroll to Top