Stevedoring: Pengertian, Tugas, dan Manfaatnya, Wajib Tahu!

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Kegiatan stevedoring menjadi bagian yang terpisahkan dalam proses pengiriman cargo, khususnya pada cargo via laut. Setiap perusahaan cargo pasti menerapkan stevedoring ketika barang kiriman telah sampai di pelabuhan atau dermaga. Tapi sebenarnya apa sih itu stevedoring? Mungkin masih banyak dari kalian yang belum mengetahui tentang istilah stevedoring. Nah melalui artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk lebih mengenal mengenai apa itu stevedoring, tugas-tugasnya, serta manfaat dari stevedoring.

Baca juga: 8 Pelabuhan Terbesar Di Indonesia Yang Ramai Dengan Kegiatan Logistik

Pengertian Stevedoring

Stevedoring adalah kegiatan bongkar muat barang di pelabuhan dengan cara menaikkan atau menurunkan barang dari kapal laut ke dermaga atau sebaliknya. Barang yang melewati proses stevedoring biasanya akan dinaikkan atau diturunkan dengan bantuan sling kapal atau crane dari kapal kargo ke dermaga. Tujuan utama dari proses stevedoring adalah untuk memastikan bahwa proses bongkar muat barang dari kapal dapat dilakukan dengan efisien dan tepat waktu.

proses stevedoring

Setelah dilakukan stevedoring, barang selanjutnya akan melalui proses cargodoring pada umumnya. Cargodoring adalah proses pelepasan barang dari tali di dermaga sekaligus pengangkutan barang dari dermaga menuju gudang atau container yard (lapangan penumpukan).

Tugas Jasa Bongkar Muat (Stevedore)

Proses stevedoring dilakukan oleh para pekerja di perusahaan jasa bongkar muat yang disebut stevedore. Stevedore ini memiliki beberapa tugas di antaranya:

  • Merencanakan dan mengatur ruang kargo di kapal agar dapat memaksimalkan penggunaan ruang yang tersedia.
  • Memperhatikan berat dan jenis muatan yang ditangani agar mereka dapat menentukan cara terbaik untuk memuat dan memindahkan barang.
  • Mengoperasikan peralatan bongkar muat seperti, crane, forklift, atau conveyor.
  • Mengamankan muatan agar tidak terjadi kerusakan selama proses stevedoring berlangsung.
  • Memastikan muatan terikat dengan baik dan ditempatkan dengan aman di dalam kapal atau di atas kapal.
  • Memastikan operasi bongkar muat dilakukan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Manfaat Stevedoring

Stevedoring tentunya dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi industri logistik atau maritim. Beberapa manfaat utama dari stevedoring antara lain:

1. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Stevedoring membantu meningkatkan efisiensi operasional di pelabuhan. Dengan melakukan stevedoring yang tepat, proses bongkar muat barang dapat dilakukan dengan cepat dan efisien.

2. Meningkatkan Produktivitas dan Pertumbuhan Ekonomi

Dengan menggunakan tenaga kerja yang terlatih dan peralatan bongkar muat yang sesuai, stevedoring dapat membantu meningkatkan produktivitas di pelabuhan. Proses bongkar muat yang efisien dan tepat waktu memungkinkan kapal untuk segera berlayar kembali ke tujuan berikutnya. Ini berkontribusi pada peningkatan aliran barang dan pertumbuhan ekonomi.

3. Penanganan Barang dan Keselamatan Kerja Menjadi Lebih Aman

Stevedoring memprioritaskan keselamatan dalam proses bongkar muat. Seorang stevedore dilengkapi dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menangani muatan dengan aman. Mereka memastikan bahwa muatan terikat dengan baik, ditempatkan dengan aman, dan mematuhi aturan keselamatan yang berlaku. Hal ini membantu mencegah terjadinya kerusakan pada barang dan mengurangi risiko cedera bagi pekerja yang terlibat.

4. Menghemat Biaya Operasional

Dengan mengoptimalkan penggunaan ruang kargo di kapal dan efisiensi operasional, stevedoring dapat membantu mengurangi biaya logistik. Proses bongkar muat yang cepat dan efisien juga mengurangi waktu tunggu kapal di pelabuhan, sehingga mengurangi biaya yang terkait dengan lamanya waktu yang dihabiskan di pelabuhan.

5. Mengembangkan Infrastruktur Pelabuhan

Melalui kegiatan stevedoring, pelabuhan dapat mengembangkan infrastruktur yang diperlukan untuk menangani muatan yang semakin besar dan kompleks. Dalam beberapa kasus, pengenalan teknologi dan sistem informasi dalam stevedoring juga dapat membantu pelabuhan meningkatkan kapasitas dan kinerja mereka.

Baca juga: Inilah 7 Jenis Layanan Logistik Yang Perlu Anda Ketahui

Itulah tadi penjelasan mengenai stevedoring, pengertian, tugas, hingga manfaatnya bagi industri logistik dan maritim. Klik Logistics sebagai spesialis pengiriman EMKL juga sering melakukan kegiatan stevedoring. Dengan melakukan stevedoring, barang kiriman pelanggan dapat didistribusikan secara cepat dan efisien di pelabuhan.

Scroll to Top