Apa Itu Layanan Break Bulk Cargo?

Untuk Pemesanan Layanan Pengiriman Klik Di Sini

Pengiriman barang melalui cargo via armada laut biasanya menggunakan cargo break bulk. Biasanya penggunaan pengiriman kargo ini dipakai untuk produk atau barang yang dikeluarkan oleh berbagai industri yang menghasilkan barang berupa zat padat ataupun cair dalam jumlah besar.

break bulk cargo

Break bulk diketahui dapat memuat barang tanpa penggunaan kemasan atau secara langsung. Jenis kapal dari pengiriman breakbulk sendiri pastinya juga dirancang sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

Untuk memahami lebih lanjut, berikut akan kami bahas pengertian, manfaat, hingga bentuk dari break bulk untuk kargo pengiriman.

Baca juga: 7 Jenis Kapal Kargo Dan Fungsinya

Apa Itu Break Bulk Cargo?

Break bulk cargo adalah pengiriman kargo yang dikirim secara langsung dengan kapal tanpa menggunakan peti kemas atau tanpa dikemas pada saat dimuat. Barang yang dimuat dengan kargo ini akan dibawa dari pelabuhan satu ke pelabuhan lainnya.

Produk atau barang yang dimuat pada break bulk tersebut juga memiliki bentuk berupa zat padat (solid bulk cargo) maupun cair (liquid bulk cargo), seperti cairan, kerikil, pasir, batu bara, dll, yang tidak bisa dengan mudah untuk dikirim secara dikemas. Jenis pengiriman barang seperti itu pastinya akan menggunakan kargo yang besar untuk pengangkutannya.

Umumnya break bulk sebagai kargo dirancang menyesuaikan kebutuhannya dengan berbagai ukuran, serta dilengkapi oleh crane, prosedur bongkar muat, dan lainnya.

Manfaat dari Break Bulk dalam Kargo

Adanya cargo break bulk tentunya sangat dibutuhkan oleh berbagai industri, seperti industri konstruksi, pertambangan, pertanian, pembangkit listrik, dan lainnya. Manfaat break bulk sebagai cargo adalah memudahkan industri yang biasa memproduksi produk berupa barang kering seperti butiran, ataupun yang bentuknya dapat bergerak bebas, baik itu padat hingga cair, untuk bisa masuk dan dimuat ke kapal.

Seperti halnya industri konstruksi yang dimudahkan dengan layanan kargo oleh kapal breakbulk untuk mengisi lahan yang kosong, sementara industri pertambangan yang memanfaatkannya untuk mengirim barang yang diekstraksi bumi, seperti batu bara. Begitu juga industri pertanian yang menggunakan bulk cargo untuk mengirimkan bibit serta pakan ternak dengan jumlah besar, hingga pengiriman bensin ataupun nitrogen yang dilakukan oleh industri kimia dan pembangkit listrik.

Perbedaan Break Bulk dan Heavy Cargo

Tidak hanya break bulk sebagai kargo yang dapat mengirim barang dengan jumlah besar. Istilah lain yang masih memiliki kaitan dengan kargo yaitu heavy cargo.

Lalu, apa saja perbedaan dari break bulk dan heavy cargo? Penjelasannya sebagai berikut.

Cargo Break Bulk

Dalam memuat barang tidak hanya menggunakan kontainer, kapal break bulk juga dapat dimuat secara langsung ke atas kapal break bulk itu sendiri. Kapal breakbulk ini memiliki keunggulan yang sanggup untuk mengangkut barang yang memiliki ukuran yang sangat besar dan panjang. Untuk anda ketahui, kontainer hanya memiliki ukuran sekitar 580 cm x 230 cm x 230 cm, bahkan muatan dari kapal ini bisa saja melampaui ukuran dari kontainer itu sendiri dan juga memiliki bobot yang berat pula.

Heavy Cargo

Heavy cargo adalah salah satu jenis cargo yang memiliki bobot melebihi barang biasanya. Muatan atau barang bisa saja dikatakan sebagai heavy cargo, jika bobot dari barang tersebut mencapai 70 kg atau bahkan lebih dalam satu koli.

Untuk memudahkan penanganan barang dari heavy cargo pada saat proses loading ataupun unloading dibantu dengan alat seperti forklift atau crane, dan nantinya di bawah barang akan diberi alas. Selain itu, penanganannya juga dibantu dengan alat berupa papan untuk memancarkan berat benda agar tidak merusakkan Unit Load Device (ULD), yang juga dikenal sebagai alat bernama spreader board.

Baca juga: Mengenal Apa Itu EMKL Dalam Bidang Logistik

Nah, itulah penjelasan mengenai kargo pada breakbulk dari mulai pengertian, manfaat, serta perbedaannya dengan heavy cargo yang dapat mengangkut barang dengan berat yang besar.

Klik Logistics sebagai jasa cargo siap mengantarkan barang anda ke berbagai wilayah di Indonesia dengan jumlah banyak dan besar. Kami siap melayani anda dengan layanan utama yang pastinya murah dan aman, serta fast respon. Hubungi customer service kami yang untuk mendapatkan harga terbaik.

Scroll to Top